Catatan SMA: Sahabat-sahabat.

Rasanya udah lama banget udah gak ketemu sama kawan-kawan lama di Tangerang. Setelah tau bahwa akhirnya kami semua akan lulus SMA dan pergi masing-masing untuk melanjutkan ilmu di daerah orang, bikin kami tersentak. Pengalaman-pengalaman manis pas SMA gak kerasa udah hilang, lewat entah kemana. Bohong kalo gue bilang kalo gue gak rindu momen-momen bareng kawan-kawan SMA. Temen-temen yang ada saat masa-masa peralihan, dari SMP ke SMA. Labil bareng, ngablu bareng, jalan-jalan bareng, nonton bareng, sampe cabut bareng. Ya, at least cuma ke perpus atau kantin. Ah! Moments!

Gue bersyukur bahwa orang-orang ini pernah ngisi masa-masa SMA gue. Dimana setiap hari selalu disibukkan dengan tugas, tugas, dan tugas. Jadwal pelajaran yang begitu padat (plus waktu istirahat yang begitu singkat), dan bahkan jam-jam pelajaran yang gak semua gurunya bisa ngisi jam-jam itu, membuat kami ga bisa catch up satu sama lain di sekolah. Gak bisa optimal. Akhirnya, kami selalu bikin jadwal rutin untuk sekadar jalan-jalan bareng, entah itu ke mal deket sekolah, sampe ke rumah masing-masing yang homey. Biar bisa ketawa lepas dan ngaso sejadi-jadinya. Celah-celah yang terbentuk antara ruang kosong yang satu dan yang lainnya, bikin kami tau kelebihan dan kekurangan masing-masing. Yang pada akhirnya bikin kita makin deket, dan makin deket. Sampe sekarang.

Pengalaman bareng mereka yang gak pernah bisa lesap dari otak, adalah pas ulangtahun gue yang ke-17. Hehehe. And I regret knowing I haven’t made any posts about it yet. Ampe sekarang. Pengalaman itu gak bisa lepas  dari kepala SAMA kayak bau telor yang gak mau lepas dari denim gue waktu itu. Ckck. Pengalaman lain yang paling berkesan adalah pas pergantian tahun 2012. Kami, gue lupa berapa orang, sepakat untuk ngisi malem tahun baru di rumah Ivana untuk bakar-bakar ayam. Sebenernya, gak bakal kepikiran mau ngelakuin hal itu, tapi akhirnya, it ended up too melodramatic back then: di halaman atas rumah Ivana, kami nonton kembang api yang berpendar di angkasa, bernapas lega karena 2011 udah kami lewatin. Di situ, dengan yang lain, gue sadar, semuanya akan berubah.

Tahun berubah. Usia berubah. Orang-orang berubah. Dan pengalaman-pengalaman baru akan bermunculan.

Kami duduk melingkar sambil pegangan tangan. Secara berurutan, kami ngungkapin perasaan kami masing-masing selama setahun main bareng dan apa aja kesan-pesan yang mereka alamin, sekaligus harapan mereka di tahun 2012 mendatang. Gue berdoa kami semua bisa masuk universitas atau pekerjaan yang kami cita-citakan masing-masing. Dan alhamdulillah, dari pengalaman itu, gue baru sadar bahwa betapa penting mencurahkan segala isi pikiran ke orang-orang terdekat kita. Gak harus ke orang-orang terdekat sih. Yang penting, berbagi adalah kuncinya. Wah, gak bakal lupa deh gua sama pengalaman di atas rumah Ivana itu. Sumfah bro. *nyeka*

Liburan tiba: Februari 2013.

Setiap kali liburan dateng, gue selalu nyempetin untuk sms anak-anak tentang jadwal jalan lagi. Ini wajib. Jadi rutinan. Gak bisa kalo gue liburan kuliah, gak jalan. Hehehe. Kemarin kami nyempetin untuk berkunjung  ke Mal Alam Sutera. Sekadar makan dan foto-foto. Tapi, setidaknya, dengan kehadiran mereka semua, momen-momen SMA itu tumbuh lagi. Tentu, dengan perubahan-perubahan yang tadi gue sebutin. Masih ada aja yang cara bercanda dan bahan lawakannya gak jauh-jauh dari temen kita sendiri. Hahaha. Ada juga yang udah total berubah: cara pakaian, bicara, ketawa, sampe bahan bincangannya. Keadaan-keadaan krusial ini tentu gak akan bisa lewat gitu aja. Gimanapun, apapun kata orang, gue selalu mencoba nyaman sama orang-orang ini. Apapun itu yang udah kita alamin, semoga hidup terus mempertemukan kita hingga entah sampai kapan. Yang jelas, momen-momen bersama kalian waktu SMA dan sekarang, adalah tinta emas untuk bagi jurnal pribadi gue dan masing-masing kalian.

This slideshow requires JavaScript.

One thought on “Catatan SMA: Sahabat-sahabat.

Leave a Reply

