Hati-hati! Penjahat Pikiran Dimana-mana!

It’s been a month. A month! Haven’t the times gone?

Masa-masa penjajakan berkuliah di UNPAD Jatinangor itu…gila. Ga kerasa udah sebulan aja gua kuliah. Kayanya baru beberapa hari yang lalu masih kerasa dianterin nyokap untuk liat-liat kosan, nganterin beliau untuk jalan-jalan sekeliling kampus, dan sekarang udah harus cari apa-apa sendiri. Anak kuliah…

Lucunya, ngebayangin kamar kos pertama kali, waktu pertama banget kesini masih belum ada apa-apa. Meja kosong, kasur beserta bantal dan gulingnya, lemari baju, dan WC yang udah siap pakai. Tapi sekarang, kamar gue udah kaya rumah gudang sejadi-jadinya. Hehehe. Buku-buku bertebaran, botol Aqua bekas yang gak kepake, baju-baju dan segala macem perlengkapan bergelantungan disana-sini.

First thing first–sebelum nyerempet ke yang lain-lain–cerita tentang kosan dulu deh. Rumor beredarnya, kawasan rumah kos ‘bawah’, maksudnya kawasan yang gak nanjak sampe ke atas-atas itu, sering kemalingan. Macem-macem barang udah dicuri, laptop, chargernya, hape. Lebih parahnya, malah kamar kosan si korban sampe ada yang dicongkil meskipun udah digembok, atau berantakan. Ngerilah. Untungnya, kawasan kos gue agak nanjak dikit. Pun kamarnya di lantai dua. Jadi, ya kalo ada maling mau nyoba buat nyolong, mikir beberapa kali sebelum mati ngos-ngosan di tengah jalan.

Lagi, tante gue pernah bilang kalo rampok, maling dan semacamnya udah gak terlalu jadi kasus yang gempar buat anak kosan. Dia bilang sekarang yang lagi gencar tuh kaya pencucian otak gitulah. Jadi, kan anak kosan yang baru dateng di suatu tempat, biasanya mereka belom tau apa-apa tentang tempat itu. Nah, mulailah para penjahat pikiran ini beraksi. Gue gak ngerti gimana prosedur si penjahat itu, tapi kayanya sih kejam. Tante cerita kalo si anak kosan yang lagi lengah keluar, terus diajak makan, dibayarin pulsa, bahkan sampe dianterin balik ke kosannya. Setelah diajak dan mau, tragisnya mereka juga mau diajak pindah agama. Segampang itu. Entah itu dihipnotis atau dijampi-jampi gue gangerti deh. Akhirnya, mereka bolos kuliah, dan setelah nomor orangtua si korban dirampas sama si penjahat, si anak jadi gak ada komunikasi sama orangtuanya. Walhasil, ya ancur anaknya. Tapi balik lagi ke faktor iman sih.

Dan, tau apa. Setelah liat beberapa menit trailer Innocence of Moslems beberapa hari lalu, dan liat feedback orang-orang tentang film itu, gue sih gak terlalu ambil pusing. Toh, itu mah urusan orang sana mau ngejek-ngejek juga. Waktu gue balik ke Tangerang tempo lalu, nyokap sempet bilang kalo ternyata, sekarang-sekarang ini, ga semua perkumpulan atau klub yang berbau Islam itu bener. Media ini bilang kalo ternyata nyuci-nyuci otak di perkumpulan Islam kaya rohis dan semacamnya ternyata ada prosedurnya. Dan lagi, prosedur ini pasti ada orang yang jadi otaknya.

Entah mereka masuk ke SD-SD/SMP, trus buka ekskul Rohis. Ngomongin soal beginian, keinget banget sama dulu waktu sempet ikut rohis. Dulu, cuma yang seminggu sekali, di musholla sekolah yang kapasitasnya cukup untuk, kira-kira, 50 oranglah, dan itupun juga dalam waktu yang terbatas. Bahkan, kadang ustadznya jarang hadir. Mau gak mau, kalo udah gitu, ya pelariannya ke kantin atau mungkin belajar-belajaran sendiri aja kaya orang gila sama yang lain. Tapi gue sadar itu salah kok. Tenang aja. Balik ke topik, yang anak SD tadi, mereka diajak untuk belajar di luar jam pelajaran, dan bukan di kawasan sekolah. Ngerinya, mereka diajak ngumpul di suatu tempat, terus mereka di doktrin sama pengaruh-pengaruh buruk tentang pandangan orang-orang tentang Islam. Entah itu pemerintah yang gak becus ngurusin negara lah, koruptor lah, dan bahkan orangtua mereka sendiri bisa diomongin terang-terangan, dengan cara yang halus pastinya.

Secara gak sadar, ya tau sendiri lah anak SD/SMP kalo dikasitau ya iya iya aja, secara mereka belom terlalu punya pandangan yang luas tentang itu. Walhasil, mereka diajak demo mau, diajak rusuh mau, diajak ngapa-ngapain mau, dan mengatasnamakan Allah swt atau Nabi Muhammad saw. Yang padahal salah. Orangtua mereka asik-asik aja pas bocah-bocah itu minta ijin untuk kumpul rohis, pas liat di TV ada demo dan ada si bocah itu, baru deh tau rasa.

Dan lagi, gue kok agak takut ya sama perkumpulan-perkumpulan gitu malah. Setelah ngeliat kejadian macem-macem diatas. Ya entah kenapa. I see these people make circles, one older man sit at the center of the circle holding a whiteboard, explaining something. And then the others were just, like, okay–alright–oh.  Once the older man asking something particular, they all laughed, the sound echoed through the mosque wall. Gue malah ketakutan. Hii.

Be warned! Penjahat-penjahat itu mungkin dimana-mana, tapi Allah gak kemana-mana.

Hope that won’t bother my mid-term exam couple weeks later.
🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s