SARAH dari Sastra Rusia Ketua Angkatan FIB 2012!

Karena dengan ujian dan cobaan yang baru kita lewati, kita jadi bisa lebih kuat untuk menghadapi masalah dan tantangan yang lebih besar untuk kedepannya.

Hari ini adalah hari keenam gue berada di Fakultas Ilmu Budaya secara penuh. Sejak tanggal 2 Agustus 2012, acara PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru) atau kata lainnya OSPEK mulai diadakan dan diramaikan oleh para keluarga besar FIB Unpad. Entah ini emang guenya betah atau emang lingkungan aja yang lagi bersahabat, tapi gatau kenapa gue kok ngerasa lebih free ya dilepas orangtua gini. Gue ketemu temen-temen baru, lingkungan baru, akang teteh baru yang-lo-bakal-tau nanti, gue ceritain deh semua akang teteh dan kenangan konyol tentang mereka-mereka.

Hebatnya, dan yang gue salut, Fakultas Ilmu Budaya Padjadjaran ini kaya ngadain semacam festival kebudayaan, dimana isinya pertunjukkan, penampilan dan “hidangan” khusus untuk ditampilkan ke depan mahasiswa baru. Jadi, di bagian belakang FIB itu ada yang namanya Blue Stage (Blue itu melambangkan sastra yang kental, dan Stage itu sendiri ngegambarin panggung pertunjukkan). Blue Stage adalah panggung untuk nampilin pertunjukkan budaya khas FIB.

Nah, kami para mahasiswa baru FIB dari hari Jumat udah bosen deh sama yang namanya Gedung Pusat Studi Bahasa Jepang (PSBJ) dan Blue Stage ini. Dari tanggal 2 (sehari setelah gue PPMB itu ya) sampe sekarang, acaranya kebanyakan diadain disana. Mulai dari Sastra Jerman, Inggris, Arab, Perancis, Rusia, Sunda, Indonesia, sampe Ilmu Sejarah. Ratusan mahasiswa baru yang mukanya polos geela terutama gue, sudah mulai bosen dengan keadaan kerumunan di Blue Stage ini karena acaranya kebanyakan setiap hari diadain disitu.

Tapi gak cuma lelah dan jadi pemondar-mandir sekitar kampus untuk cari bahan ospek buat besok, gue juga dapet banyak banget pesan-pesan dari seminar dan talkshow yang diadakan. Tempo lalu, ada Didi Petet yang mampir untuk bicara soal filmnya. Beliau berbicara banyak, para mahasiswa baru juga keliatan antusias banget, lebih-lebih ketika beliau mendeskripsikan gimana perasaan dan prosesi pembuatan film Jermal, yang dirilis tahun 2009 lalu. Termasuk gue, mahasiswa beruntung lainnya juga gak kalah tertarik sama obrolan ini.

Dan kemarin banget, tanggal 6 Agustus 2012. Fakultas Ilmu Budaya kedatangan Arief Muhammad, atau yang lebih sering dikenal dengan Pocong-nya Twitter. Ya, admin username @Poconggg di Twitter yang eksis itu juga turut meramaikan acara talkshow. Acara semakin menarik karena ditambah beberapa penulis-penulis handal, seperti Hana Christiana, Tirena Oktaviani, Latief Muhammad dan kang Arief sendiri. Macem-macem topik berhasil dibahas oleh para penulis ulung ini ditambah guyonan konyol kang Arief, menambah suasana gedung PSBJ semakin anget. Cieh.

Kalo diliat-liat lagi dibelakang, ato kalo gue boleh flashback sedikit, gue gak ngerasa kalo ini bener-bener OSPEK. Yang gua rasa pertama kali dan yang ada di benak gue untuk pertama kalinya tentang OSPEK adalah kita dikumpulin di satu lapangan, terus kakak-kakak seniornya teriak di depan muka kita gitu sambil neriakin sesuatu sambil monyong-monyong dan mata melotot. Itu baru ada tantangannya. Nah, tapi OSPEK versi FIB Unpad ini ternyata sangat kontradiktif dengan apa yang udah ada di benak gue selama ini.

Hampir setiap hari kita gak pernah dibentak. Kita cuma dengan santai dan luwes ngikutin apa-apa aja yang diperintahkan kakak-kakak senior untuk dibawa esok hari. Nametag, ransel, beras, buku dan segala macem. Gue cukup bersyukur karena daerah Bandung/Jatinangor yang dingin, ternyata means a lot buat kita yang sering bangun telat. Apalagi gue kan orang Tangerang. Subuhnya Tangerang sama Nangor bener-bener ga ada apa-apanya. Bisa gue rasain perbandingan yg begitu kuat disini. Jadi, kaya yang gue bilang tadi, entah guenya yang mulai betah atau emang lingkungan aja yang lagi bersahabat, bahwa yang tadi pertama kalinya gue dateng ke Bandung dan tidur di kosan, pas bangun subuh aja gak berani untuk gerakin kaki karena saking dinginnya kasur itu. Bahkan gue bisa ngerasain tulang gue gemetaran dibalik kulit ini.

Apasih.

Tapi lama kelamaan, yaaa sekitar satu minggu lebih ngekos disini, gue subuh-subuh udah bisa telanjang bulet hahahahaha. Dengan gobloknya gua kocar-kacir keliling kamar kosan Cuma buat menikmati dinginnya suasana subuh Jatinangor di pagi hari. Asik. Padahal suhu subuhnya Bandung itu bisa mencapai 15 derajat selsius loh. Kurang strong apa cuba calon penyanyi ulung ini.

Tapi hari ini, 7 Agustus 2012, setelah ada motivator dan muhasabah (dimana AKHIRNYA GUE NANGIS SETELAH TERAKHIR KALI GUE CEK GUE GA PERNAH NANGIS SEMENJAK BAYI. HUAAAAAAAAAAAAAA), mengingat ayah dan ibu di rumah. Waaaaaa homesick pangkat-pangkatan deh ngomongin muhasabah. Nyaru gila.
Dengan tekad Alhamdulillah, luar biasa, allahu akbar!!! *maaf tiba-tiba keinget salam rohis dulu* gue pun mendaftarkan diri jadi Calon Ketua Angkatan 2012/2013. Ada sekitar 32 orang calon ketua yang mendaftarkan diri, tapi akhirnya dipilih lagi jadi 14 besar dan GUE MASUK!  Gue memenuhi kriteria ENTAH DARI SEGI APA. Mungkin esai yang gue tulis itu bener-bener ngena di mata para kakak-kakak jurinya. Subhanallah, Allah Maha Agung Yah
*nangis*…………………….

Belum sampe situ, nanti akan ada 3 orang kandidat terkuat yang bakal kepilih, yang sebelumnya harus diwawancara langsung dulu oleh Ketua BEM, Ketua HIMA, Ketua BPM, dan Ketua-ketua lainnya yang memang sudah tua tapi belum terlalu tua di mata orangtua tapi di mata Tuhan kita tetap sama. PANZI.

14 orang teman-teman calon ketua angkatan disuruh memberikan komentar masing-masing tentang apa aja sih tugas-tugas yang harus diemban oleh seorang ketua angkatan nantinya, atau siapa aja bawahan-bawahan dan atasan yang nantinya bakal ternaung di bawah Ketua Angkatan. Dengan sabar, gue menunggu beberapa teman yang sudah sukses diwawancara dan keluar ruangan dengan wajah berbinar-binar (sebagian berkaca-kaca gatau kenapa). Tibalah waktunya gue masuk ruangan.

Ekspektasi gue yang tadinya juri cuma ada 4-5 orang ternyata KELIRU GILA. Ada 13 orang juri dari berbagai macam ketua-ketua yang gue sebutkan tadi. Gue masuk dengan senyum dan naro tas di meja yang sudah disediakan.
Gue disuruh memperkenalkan diri dan mendeskripsikan siapa gue itu. Bla blab la, selesai gue ngomong. Tiba-tiba satu dari 13 juri itu ada yang ketawa, entah doi ngetawain cerita gue atau penampilan gue, gue sama sekali ga ngerti. Yang jelas, dalam hati gue tetep meyakinkan diri untuk tetap plong dan senyum..senyum..senyum. akhirnya, gue berhasil senyum di sepanjang wawancara. Tapi justru senyum gue ini malah bikin ketawa salah satu kakak juri; which sucks karena ketawanya NGEJEK BANGETZ BRO. Secara singkat gue coba ceritain ya para juri2 ini ngomong apa ke gue.

Juri 1 : “Perkenalkan nama kamu siapa dan deskripsikan kamu apa.”

…..DESKRIPSIKAN KAMU APA? Edisut rahmat katolooooooo? Gue blank disitu.

Akhirnya gue beranikan diri untuk nanya, “Deskripsikan saya apa? Maksudnya?”

*Juri 10 ketawa*

Gue : “Saya Himawan Pradipta dari Sastra Inggris. Disini saya ingin mencalonkan diri sebagai ketua angkatan Fakultas Ilmu Budaya 2012/2013 karena saya kira saya pantas untuk menjadi seorang ketua angkatan.”

Juri 1 : “Atas dasar apa yang menjadikan anda begitu semangat menjadi ketua angkatan?”

Gue : “Saya punya kekurangan yaitu saya sangat mudah terhasut oleh omongan-omongan dan bujukan orang lain.

Namun, kelebihan saya adalah saya bisa memilah-milah dan mengklasifikasikan mana hasutan yang baik dan buruk. Jadi, saya bisa mengambil mana hasutan yang akan saya ambil untuk kedepannya dan mana omongan yang harus saya buang jauh-jauh.”

*Juri 3 ketawa*

Just so u know, sebelumnya. Si juri 3 ini rambutnya agak gimbal, berkacamata, dan berwajah sayu. Gue ga ngerti dia daritadi ngetawain gue karena emang jawaban gue yang lucu, idung gue bengkok sebelah, ketek gue kuning atau EMANG DIE BENER-BENER GILA???????!!!

*Juri 3 ketawa lagi*

*Juri 2 ketawa ngejek kenceng* KYAHAHAHAHAHHA. Kalo ga salah gitu ketawanya. Anjrit.
Sisa pertanyaan kebelakang kurang penting, tapi BANYAK BANGET SPACE-SPACE atau jeda waktu pas wawancara tadi yang gue lewatkan dan emang gue bener-bener gak bisa jawab. Jadi seolah-olah jurinya ini kaya mojokkin kita ke sudut-sudut pojok ruangan yang bener-bener tersudut lah. Dibully abis-abisan gue disitu. Akhirnya, sekitar kurang lebih 8 menitan gue berada di dalem bersama 13 orang-hobi-ketawa ini, gue dipersilakan keluar.
Nyesek, ada.
Kesel, juga.
Marah, ga bisa kebendung.
Malu, banget.
Seneng, harus.
Lega, banget juga.
Campur aduk. Selesai interview gue langsung disuruh duduk dan cerita sama kakak-kakak PK (Penanggung Kelompok) ditanyain apa aja tadi, dan gue jawab apa. Bla bla bla cerita panjang akhirnya PULANG! Besok diumumin 3 besar calon ketua angkatan dan harus orasi impromptu di depan para mahasiswa baru FIB Unpad. Dan malem ini, gue malah ngeblog, instead of nulis visi dan misi (KALI KALI gue keterima dan masuk, anugerah banget gila sumpah kalo gue beneran masuk. Orang jawab pas interview juga asal-asalan hahahaha). But who knows?

Temen satu angkatan gue yang nyalonin diri juga sempet nangis. Namanya Seli dari Sastra Sunda. Pas banget keluar ruangan, matanya berkaca-kaca, dan pas duduk sama kami bareng, BLAH! Air matanya tumpah. Dia cerita gimana dia dicecar abis-abisan dan di re-state sama kakak-kakak senior di dalem hahahahah. Life’s hard.

Tapi akhirnya hari ini, 8 Agustus 2012, hari terakhir Opbud, ketua angkatannya adalah Sarah dari Sastra Rusia. Emang yah si Sarah nih, keliatan banget pas pertama sesi sharing sama calon ketua angkatan yang lain. Si optimistis yang berkerudung *halah*. Wajahnya menegaskan garis-garis pemimpin, kerudungnya menyibakkan asa sia, senyumnya memancarkan cahaya suci.

Selamat kepada Sarah sekali lagi sebagai Ketua Angkatan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran 2012!

One thought on “SARAH dari Sastra Rusia Ketua Angkatan FIB 2012!

Leave a Reply

