Terimakasih, Bu..

Beginilah suasana rumah. Terpaksa ninggalin rumah untuk keperluan tugas dan kantor. Dengan sebegitu ikhlasnya beliau pulang-pergi pontang-panting cari uang untuk uang jajan gue, abang, dan adek. Ibu.

Namanya Siti Rahayu; Tanah yang Subur. Nyokap, anak keempat dari sembilan bersaudara. Sang pahlawan. Selama sekian tahun nyokap kerja di Departemen Kehutanan, ga pernah ngebayangin bakal se’sepi’ ini akhirnya kalo beliau ternyata dikasih beban untuk pergi kesana kemari luar kota, bahkan kadang luar negeri. Yang tugasnya gak cuma sehari-dua hari, bisa lima hari, paling lama seminggu.

Hahaha. Call me corny, juvenile little weeping boy ato apalah. Jelasnya apa yang ada didalem benak ini harus gua blow up, biar gak jadi beban hidup selanjutnya. Hmm. Gak terkecuali bulan Ramadhan kaya gini, yang harusnya beliau nyiapin makanan untuk sahur dan buka puasa, tapi justru tugas itu yang akhirnya ditransfer ke anak-anaknya disini. Beliau selalu pesen dan gak pernah lupa untuk, kadang, ngajarin gua sekadar bikin teh buat orang rumah ato ninggalin duit untuk beli bukaan di komplek. Hehehe. Yah, corny sih emang. Cengeng ya? Tapi justru hal itu yang bikin gua makin sadar kalo she has a big role in this. Big role.

Secara ga langsung, somehow, beliau ngajarin gimana caranya jadi mandiri diliat dari segi ini-itu. Sesekali kadang gua yang harus bangun pagi nyiapin makanan, masak dan segala macamnya. Malah ade gua yg cewe justru yg lebih bangun siang hehehe. Kadang, pas nyokap pulang tugas, segelintir raut capek dan ga keruan tergambar jelas di wajahnya. Di saat itulah, beban yang gua tanggung akan semakin berat nantinya.

Gak jarang, beliau rela teriak-teriak ngomel kalo gua ada perlu penting, yang gua akhirnya tau kalo beliau ngelakuin itu sebenernya niat baik. Meskipun kadang agak terganggu, tapi perlahan-lahan alhamdulillah gue udah mulai terbiasa. Mulai bisa ngontrol lah. Gak jarang juga, beliau untuk sekadar minta tunjukkin cara upload foto-foto Tugasnya ke facebook. Segaptek-gapteknya beliau, ya gua tau lah itu juga pasti bukan prioritas utama nyokap. Itulah tugas gue sebagai anak; membimbing dan berbakti sepenuhnya sama orangtua.

Terimakasih, Bu. Atas kepercayaan yang telah engkau berikan. Semua ‘kepergian’mu ini mungkin belum terasa, ‘kepergian’ yang sesungguhnya baru akan terasa setelah Allah memperlihatkan rencana terindahnya: kematian. Subhanallah..
Mom, I wish nothing but the best. The privilege I’m having to have you here is just another surprise and blessing that God gave. I’d never regret by the time God calls you, because I know, deep deep down inside I’ve never regretted being given the trust you give, and the love you share. My gratitude, Ya Allah. I’m blessed to have a most beautiful, strong woman in a lifetime.

With love.

Leave a Reply

