The Help (2011)

Cerita tentang sebuah perjuangan hidup seorang pelayan rumah berkulit negro yang selalu menjadi ‘backseat’ dari kaum orang-orang kulit putih. Cerita tentang sebuah perjalanan hidup dari kekerasan dan penghinaan ini berhasil bikin gua netes. Hehehe.

Sutradara: Tate Taylor
Pemain: Emma Stone, Viola Davis, Octavia Spencer, Bryce Dallas Howard, Jessica Chastain
Skenario: Tate Taylor
Durasi: 146 menit

Ceritanya berawal dari Skeeter Pheelan (Stone), seorang penulis yang ingin mengetahui seluk-beluk cerita dari sudut pandang orang-orang Negro di Mississippi sebagai para pelayan rumah tangga. Kaum kulit hitam yang selalu direndahkan dan dinomorduakan dalam segala hal membuat hati Skeeter tergerak untuk membuat sebuah pergerakan dengan membuat tulisan yang menceritakan tentang bagaimana kehidupan seorang pelayan pada masa itu.

Adalah Abileen Clark (Davis), seorang pelayan yang bekerja untuk Hilly Holbrook (Howard) merasakan begitu dalam penderitaannya sebagai kaum yang dilecehkan oleh majikannya tersebut. Mengingat pada jaman itu, tahun 50-an, rasisme dan diskriminasi masih begitu kuat di kalangan masyarakat Jackson. Semua perempuan golongan kaum hitam dijadikan budak dan babysitter. Begitu pula kisah yang sama, Minny Jackson (Spencer) yang mulai merasakan ketidakadilan yang terus-menerus menimpanya.

Hingga akhirnya, hasrat ‘pemberontakan’ itu pelan-pelan mulai hadir dengan mengutarakan isi-isi pikiran para kaum hitam yang dibantu oleh Skeeter. Setelah piikiran-pikiran ini dijadikan buku, mulai muncul kontroversi dari golongan kaum high-end, yaitu kaum para majikan. Namun, siapa sangka. Hidup tidak hanya untuk berdiam diri saja. Aibileen dan Minny berani melawan dan akhirnya menemukan kebebasannya kembali.

Film yang diangkat dari novel berjudul sama karya Kathryn Stockett sangat laris manis di pasaran–sama halnya seperti penjualan novel yang sudah laris selama 70 minggu di Amerika. Kualitas akting para pemain sudah tidak diragukan lagi. Semua karakter terlihat begitu matang dibawakan oleh para sineas film yang sudah kocar-kacir di berbagai film box office.

Bakalan terhanyut sama kata-kata mutiara dan pesan hidup yang disajikan dalam film ini: bahwa hidup adalah untuk bertindak, bukan hanya berdiam diri dan memendam benci. Tapi juga harus diekspresikan dengan berkata jujur apa perasaan kita terhadap musuh kita.

If you can love your enemy, you already have victory.  – Preacher Green

God says we need to love our enemies. It hard to do. But it can start by telling the truth. No one had ever asked me what it feel like to be me. Once I told the truth about that, I felt free. And I got to thinking about all the people I know. And the things I seen and done. My boy Trelaw always said we gonna have a writer in the family one day. I guess it’s gonna be me.  – Aibileen Clark

One thought on “The Help (2011)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s