Gue Lulus Sastra Inggris UNPAD!

Alhamdulillahirabbil ‘Alamin. Gue berhasil lulus Sastra Inggris Universitas Padjadjaran. Huah! Kesampean juga bakal tinggal lama di Bandung. Salah satu mimpi terbesar gue telah Allah jawab malam tadi: 6 Juli 2012. Hari dimana kebahagiaan ini gak akan pernah bisa kebeli. Hari dimana semua perjuangan itu gak sia-sia.

06 Juli 2012. 18:13.
Gue masih browsing-browsing film Thailand buat ngisi liburan, soalnya awalnya gue selalu punya alternatif yang tepat kalo-kalo gak lulus SNMPTN. Karena hasil tesnya bakal diumumkan besok malam, gue selalu mempersiapkan diri untuk menerima hasil yang paling buruk/ga pernah yg ada dibayangan: Ga lulus. Tapi doa yang terbaik tetep jadi yang terpenting. Intinya, malam itu gue serahkan semuanya sama Allah. Apapun hasilnya, baik itu bagus maupun buruk, gue selalu tanem didalem otak untuk menerima segala hasilnya dengan ikhlas.

Tiba-tiba hape bunyi dan satu SMS dari Nadia langsung bikin gue kaget:
Him, apa kabar? Ngomong-ngomong gimana hasil SNMPTNnya?

Dengan santai gue ngomong, “Alhamdulillah baik, Nad. Lo gimana? Hehe masih besok nad diumuminnya. Buru-buru amat.”
“Hah, kan dimajuin sehari Mawan jadinya hari ini jam 7 malem. Cek online aja.”

Dag dig dug.
Seketika jari-jari ini sulit buat digerakkin, jantung berdetak jauh lebih kencang, darah mengalir deras ke pembuluh otak.
Gue bingung mau bales apa. Dengan napas yang terengah-engah gue bales singkat, “Oh iya nad? Makasih ya infonya.”

Gak sampe gue mikir dua kali untuk mikir apa yg bakal gue bales, adzan isya sudah berkumandang. Dengan hati mantap gue langsung ambil wudhu. Ah….ambil wudhu dulu deh, biar hati tenang. Pikir gue. Tapi pas disela-sela gue basuh air dingin itu ke muka, pikiran carut-marut berkecamuk dalam dada *cieh*. Rakaat pertama shalat masih mencoba untuk tenang, pas rukuk gue mulai ngebayangin, apa yaa nanti jadinya kalo gue ga lulus? Reaksi nyokap gue bakal kaya gimana ya. Apa masa depan gue bakal secerah kalo misalkan gue masuk perguruan tinggi swasta? Halabala.

Selesai shalat, gue panjatin doa. Dengan hati tenang gue coba utarain apa yg ada didalem hati ini, otak ini bukannya makin tenang justru malah makin berkecamuk ga keruan. Semua doa gue yang hubungannya sama keluarga, sanak, teman-teman, guru dan peran orang-orang lainnya gue utarakan. Sebisa mungkin semuanya kesebut. Dengan optimis-pesimis, gue redam wajah ini sedalam-dalamnya sambil ngucapin Amiin panjang.

Gue gak berharap lebih, tapi juga mencoba untuk nyiapin segala sesuatu yang gak kejadian nantinya. Dengan hati mantap, setelah satu orang-orang dirumah ngumpul di depan laptop untuk cari tau apa hasil tesnya. Nomor 212-38-22541 udah siap dikolom, data dan tulis ulang huruf di box udah diisi. Dengan basmalah, gue klik “Cari”.

NOMOR: 212-38-22541
NAMA: HIMAWAN PRADIPTA
DITERIMA DI: SASTRA INGGRIS, UNIVERSITAS PADJADJARAN.

SELAMAT ATAS KEBERHASILAN ANDA!!!

ALHAMDULILLAHIRABBIL’ALAMIN.
Dengan rasa puas gue ucap hamdalah berkali-kali, ga ada yang bisa ngegantiin momen-momen kaya gini. Nyokap orang pertama yang ngasih selamat, air mata bahagia. Gue gatau mesti bersikap apa. Excited, exulted, overjoyed, haru, bangga semua campur aduk jadi satu. Selain bersyukur, gue gatau musti ngapain lagi. Alhamdulillah.
Kalo diliat perjuangan dan kisah gue waktu tes SNMPTN 12 dan 13 Juni tempo lalu, duh! Rasanya tuh semua kebayar abis. Kelibas abis. Paid off!!! Since I’m 98,99% sure that my english test is perfectly correct; no wrong answers. Meskipun matdasnya banyak yang kelewat, tapi itu semua terbayar sudah sdr2!!!!!!

Semoga hasil yang gue terima ini bisa jadi batu loncatan buat gue untuk terus belajar dan gak sombong nantinya. Semoga kebahagiaan yang gue rasakan sekarang juga bisa dinikmati sama teman-teman beruntung lainnya. Dari kurang lebih seribu kursi dan tiga puluh satu kursi yang diperebutkan, gue berhasil! Bakal jadi anak Bandung, pergaulan dan teman-teman yang gua sendiri gatau bakal kaya apa nantinya, nge-kost dan bakal ketemu sama tugas dan skripsi, OSPEK dan berbagai macam hal-hal seru yang bakal gue dapet di dunia perkuliahan. Ya Allah, ridhoi jalan-Ku. Bismillah. Semoga ini langkah awal masa depan cerahku.

Terimakasih, Pak, Bu. Atas doa dan kepercayaannya kepadaku selama ini.
Terimakasih, Teman-teman tersayang dan yg selalu ada disitu kalo gua terpuruk ato seneng.
Sekali lagi, gua ucapin Alhamdulillah dengan tangis bahagia.

Salam, Mahasiswa UNPAD.🙂

182 thoughts on “Gue Lulus Sastra Inggris UNPAD!

  1. bro, gue juga ketrima di sastra inggris unpad tahun ini.. salam kenal ahahaha
    sampai jumpa di kampus jatinangor ya

  2. Just so you know..Sastra Inggris Unpad dan sebagian besar kegiatan perkuliahan adanya di Jatinangor, bukan di Bandung. Angan tentang ‘jadi anak gaul Bandung’ akan pudar setelah sebulan kamu tinggal di Nangor. Congrats anyway.

    1. Angan? Wah mohon koreksi nih. Saya sebelum masuk UNPAD juga udah tau kalo kampus ini di Jatinangor. Kalo dibilang angan buat hidup dan jadi anak gaul bandung kayanya kurang tepat, Bandung cuma simbol aja kalo letak UNPAD ‘secara umum’. Mau di nangor/manapun yg penting kan ga jauh2 dari bandung hehehehe maaf sebelumnya

  3. Selamat ya Gemasian (Panggilan buat anak Sastra Inggris Unpad) 2012. Welcome to the club! Semoga saya ga ketemu kalian (pengennya sih udah lulus)🙂

    1. Masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) itu sebenernya pake dua jalur tes, SNMPTN sama Tes mandiri. Saya berhasil lolos lewat jalur yang pertama. SNMPTN itu tesnya ya matematika, b.indo, b.inggris dasar, sama kemampuan ips. Tergantung jurusannya apa🙂

      1. Salam, Dhania! Wah bisa banget!🙂

        Mau SMA/SMK/MA itu bisa ikut SNMPTN atau SBMPTN asal daftar di sekolah-sekolah terdekat di daerah kamu. Atau biasanya, kalo SMK itu sering kerjasama sama SMA untuk daftarin murid-muridnya untuk ikut tes.

        Kalo tes masukya sih itu tergantung sama jurusan yang kamu ambil di SMA. Kalo SMK, nanti tesnya menyesuaikan sama jurusan apa yang AKAN kamu pilih di Universitas.

        Seperti tes kemampuan dasar (MTK, B.Ing, dan B.Indo) itu pasti akan diujikan🙂

        Semangat ya!🙂

      1. Maaf mengganggu sebentar, ingin bertanya bila saya jurusan IPA, apakah ada kemungkinan untuk lolos jalur SNMPTN ?

  4. tahun ini insya allah saya mau coba juga daftar sasing ke unpad, semoga lgsg keterima juga seperti nasib yg kakak ceritakan😀 amiinnn
    tp mau sedikit bertanya nih kak, kbetulan saya sekolahnya d smk, kalau sambil kerja tp masuk sasing waktu nya bisa teratasi ga yaa?
    thanks before buat jawabannya kak😉

    1. Halo dek Salmadyn!
      Masuk sasing unpad itu antara kerja keras sama kebetulan aja sih sebetulnya. Ada yang ceritanya kayak saya (yang langsung masuk), tapi gak sedikit juga lho yang masuk sastra inggris tapi gak pake usaha keras. Temen sekelas saya di sasing, waktu SNMPTN/ujian masuk itu ngisi soal bahasa inggrisnya cuma 3 soal. Tapi tembus. Tergantung niat dan usaha aja sih🙂

      Kalo kamu emang mau kuliah tapi juga mau part-time sambil kerja, itu bisa-bisa aja kok. Semuanya (jadwal kuliah, jadwal kerja, dan lain-lain) itu bisa kamu atur sendiri. Misalnya kamu mau kerja, tapi bentrok sama jadwal kuliah. Nah, itu kamu atur agenda kuliah kamu, bisa dikurangin jadwal kuliah untuk semester ini, baru deh yang belum diambil bisa dijadwalin buat mata kuliah semester depan. Gitu aja. Atau kalo emang masih memungkinkan, kamu bisa ikut jadwal kelas lain pada mata kuliah yang sama.

      Tapi, masalahnya, masa kuliah kamu jadi lebih lama. Karena kan, mata kuliahnya banyak ketinggalan. Semuanya tergantung pinter-pinternya kamu nge-manage waktu kamu sendiri.🙂

      Sukses ya. Saya doakan biar kamu tembus Sastra Inggris 2013!🙂
      Salam.

    1. Halo, Nur!
      Teknisnya, semua yang jurusan sastra itu masuknya ke jurusan sosial. Sayangnya, sastra belum masuk kategori jurusan eksakta. Tapi, kalo kamu anak IPA dan punya kemauan kuat masuk Sastra Inggris, kamu bisa pilih program IPC (Ilmu Pengetahuan Campuran) pas tes masuk UNPAD nanti. Meskipun biayanya lebih mahal dari program IPA/IPS, tapi program ini memungkinkan kamu untuk bisa milih lebih dari dua jurusan yang kamu minati.

      Semoga sukses!🙂

  5. tahun ini kan snmptn undangan berdasarkan nilai rapor, gak pake dites. Kalo aku pilih psikologi di urutan pertama dan sasing di urutan ke dua -unpad, peluang aku di sasing gimana ya ka? Urutan naro jurusan ngaruh gak sih?

    1. Halo, Nan! Sebenernya, masalah penempatan jurusan itu bergantung sama minat kamu sih. Kamu lebih minat di mana? Kalo kira-kira lebih tertariknya di Sastra Inggris, kenapa harus ditempatkan di pilihan kedua? Hehehe. Kira-kira begitu. Saya aja pilih Hubungan Internasional UI di pilihan kedua, tapi yang dapet justru sasing unpad, pilihan pertama. Pokoknya, apa yang jadi minat kamu, itu juga yang jadi prioritas kamu🙂

      Semoga sukses!

  6. jadi di snmptn kemarin, aku udah pilih 2 prodi di unpad: 1.Psikologi 2.Sasing
    dan baru sadar sekarang kayanya minat aku lebih besar di sasing. Bismillah! Apapun kehendak kita, Allah tau yang terbaik untuk hambanya. Makasih masukannya ka, wish me luck!😉

    1. Halo, Devine! Kalo udah masuk sasingnya mah gak ada tes mat lagi he he. Sebelum masuk sasing baru dites mat dulu.

      Kalo gitu pas di tes nanti, nilai bahasa inggrisnya harus meroket! Gapapa matnya ancur asal nilai inggrisnya (hampir) sempurna. Tapi gak usah terlalu pusing, temen sekelas saya aja pas SBMPTN cuma ngisi matdas 3 soal dan akhirnya…masuk sasing, UNPAD lagi. He he.

      Optimis aja.

  7. selamat ya jd ikut seneng baca nya🙂 saya jg sama angkatan 2012, sy skrg kuliah di univ swasta d bdg, tapi insya allah mau coba ikut sbmptn nih di unpad sastra inggris, doakan yaa😀

  8. hay kak gue kelas 10 nih, di sma negeri di kediri, jatim.
    dari smp kepengen bangeeeeeeett masuk sastra inggrisnya unpad. gue mau tanya2 nih hehe
    1. persiapan apa aja nih yg harus aku lakukan dari sekarang?
    2. trus kan tahun 2013 pake snmptn, kan pake rapot, itu msh di test juga nggak pas masuk sasingnya?
    thanks kak i hope you reply my coment ;;)

    1. Halo Desty!🙂 Persiapan yang harus dilakukan paling utamanya pasti belajar he he dan nguasain sebanyak mungkin jenis-jenis soal, bacaan, dan kosa kata berbahasa Inggris. Sebenernya kalo kamu nanti udah masuk sasing, tesnya itu cuma yang saat SNMPTN/SBMPTN aja. Setelahnya gak ada tes-tes lagi. Paling untuk formalitas aja, ada ujian kecil berupa tes kemahiran berbahasa Inggris pas awal-awal semester. Nilai tes itu nanti dijadikan tolak ukur sudah seberapa jauh kamu menguasai bahasa Inggris dan bisa memengaruhi penilaian kamu terhadap dosen.

      Tetap semangat dan optimis ya!
      Insya Allah kita ketemu di FIB suatu saat nanti🙂

    1. Halo, Cha! Kalo udah keterima di FIB-nya paling tes dasar Kemampuan Berbahasa Inggris dan Tes Kemampuan Berbahasa Indonesia, tapi cuma sebagai formalitas aja. Cuma bagian dari prosedur, gak yang macem-macem🙂

      Salam kenal

  9. Halo, salam kenal kak!
    Aku skrng kls 2 sma dn sngat trtarik pngen masuk sasing unpad. Tdi aku smpat baca komennya kk diatas ktanya tesnya ada yg lewat snmptn sma tes mandiri. Tes yg mandiri tuh gmna sih, kak? Trus ktnya tman aku ada jga jalur undangan. Bsa tolong dijelasin, kak?

    Makasih sblmnya, kak🙂

    1. Hoi! Salam kenal juga🙂

      Wah, seneng rasanya denger kamu tertarik masuk sasing UNPAD. Oke, jadi sebenernya gak cuma tes sasing aja, untuk masuk ke semua jurusan, kita harus melewati dua bentuk tes.

      Ada yang namanya tes mandiri. Bahan yang akan diujikan itu biasanya tes kemampuan dasar (MTK, B.Ing, dan B.Indo), dan peluang untuk masuk universitas tujuan kamu lebih mudah lewat jalur ini. karena ini pake nego (uang) yang jumlahnya cukup besar. UNPAD sendiri punya jalur tes SNMPTN sendiri, namanya SMUP (Seleksi Masuk UNPAD). Masing-masing universitas biasanya punya jalur mandirinya sendiri🙂

      Tes yang kedua itu dulu namanya SNMPTN, sekarang sudah SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Kalo ini, bahan yang diujikan itu Kemampuan Dasar dan Kemampuan Khusus, yaitu mata pelajaran yang kamu ambil di penjurusan pas SMA. Kalo IPA, berarti nanti tesnya ada Fisika, Kimia, Biologi, dan Matematika Dasar. Beda kalo kamu ngambil IPS, bahan yang diujikan nanti ada Sosiologi, Geografi, dan semacamnya.

      Kalo tes jalur undangan itu, yang sekarang namanya SNMPTN, melihat dari nilai akademik kamu di SMA selama semester 1 sampai 5. Jadi namanya bukan tes itu sebenernya. Pihak universitas melihat nilai kamu dan perkembangan kamu selama di SMA. Kalau memenuhi syarat, ya bisa masuk🙂

      Ngomong-ngomong, semangat ya biar sampe Sasing UNPAD🙂

      I wish you good.

      1. Oh .. Gitu yh, kak. Jdi ngerti skrng.
        Makasih untk pnjelasannya, kak🙂
        Semoga 2 thn lgi aku bsa jdi juniornya kk *Amiin..

  10. Ka mau nanya..
    -UNPAD bisa lintas jurusan gk dri yg tdiny IPA ke IPS?
    -Trus tahun depan SNMPTN mash ada gk ka?
    -Klo ada, saya kan dri smk farmasi, nah yg di nilai raportnya apa aja?
    -trus klo semisalnya saya gagal di snmptn bisa ikut SBMPTN tahun itu jga gk?
    -trus klo saya dr smk farmasi pas SBMPTN nya yg di tes kemampuan khusus IPA atau IPS kak untuk masuk sasing?
    Makash ka seblumnya, butuh bgt infonya ka. Saya pgn bgt masuk sasing unpad.
    Maaf kebanyakan pertanyaannya🙂

      1. Lintas jurusan bisa kok🙂 Saya juga dulunya IPA tapi pas SNMPTN pilihnya Hubungan Internasional sama Sastra Inggris.

        Untuk lokasi itu tergantung sama panitia penyelenggara ujian SNMPTN di daerah masing-masing. Kalo di Bogor kemungkinan gak jauh-jauh dari daerah situ, paling jauh juga paling ke Jakarta atau ke Bandung.

  11. Salam kenal kak🙂
    Maaf kak saya mau nanya.
    -UNPAD boleh lintas jurusan gk? saya dr smk farmasi mau ambil sasing
    -kalo ikut SNMPTN yg dinilai seluruh mata pelajaran atau pelajaran tertntu aja kak?
    -klo saya gagal SNMPTN apakh bisa ikut SBMPTN pada thun itu jga?
    -dan kalo saya ikut SBMPTN dr smk farmasi dan mau ambil sasing, yg di tes kemampuan IPA atau IPS kak?

    Mohon jawabannya ya kak.
    Maaf kebanyakan, terima kasih sebelumnya🙂

    1. Halo, Nurul! Salam kenal.

      – Masalah lintas jurusan ya? Ngomong-ngomong, saya juga dari IPA lho😀 dan saya gak menemukan adanya kejanggalan selama saya berkuliah di Sastra Inggris. Sebenernya gak ada yang salah atau bener dalam lintas jurusan itu, itu semua gimana KAMUnya siap atau enggak ngambil resiko untuk belajar di Sastra Inggris.

      – Untuk SNMPTN sendiri itu, nilai yang akan diperhitungkan adalah nilai UN sebanyak 60% dan nilai raport semester 1-5 sebanyak 40%. Kalo kamu mau masuk SASING, UN kamu setidaknya harus dapet nilai di atas rata-rata. Meskipun begitu, nilai-nilai yang lain juga tetap diperhitungkan meskipun porsi penilaiannya lebih sedikit.

      – Bisa🙂 Itu dua jalur yang berbeda kok.

      – SASING itu ngeliat gimana kamu bisa ngejawab soal bahasa Inggris. Artinya, tes bahasa Inggris kan cuma ada di TES KEMAMPUAN DASAR, ya? Untuk IPA atau IPS kan pelajarannya sudah dikhususkan sesuai sama penjurusan kamu.

      Sip.
      Semangat yaaa🙂

      1. Oh gitu..
        Makasih banyak ya kak infonya🙂
        Sekalian mohon doanya biar bisa jd mahasiswa sasing Unpad, gk mau lagi lama2 nyasar di farmasi😀
        Terima kasih..

  12. Halo, Kak! Saya minat banget Sasing UNPAD, salah satu motivasinya juga pengin ngerasain “hidup di Bandung” walaupun UNPAD-nya di Jatinangor. Bersyukur nih nemu blog ini, jadi bisa ngepo-ngepoin Sasing UNPAD dan bikin gambaran kuliah di sana kayak gimana… hehehe

    Tunggu saya di tahun 2015 ya! xD

  13. hai kak, saya skrg kelas XII.. dan rencananya mau ngambil fakultas sastra inggris di Unpad
    jadi mau tau lebih banyak tentang fakultas sastra inggris unpad dan apa aja yg di butuhin buat masuk ke sana?
    kalo ada waktu, e-mail aku ya ka..
    terima kasih🙂

    1. Halo, Dan! Sebelumnya, saya mau koreksi dulu untuk “Fakultas Sastra Inggris,” sebenarnya itu jurusan Sastra Inggris yang ada di Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UNPAD (dulunya Fakultas Sastra).

      Wah, saya seneng denger kamu tertarik untuk masuk sasing unpad. Oke, dari 9 jurusan yang ada di FIB: Sastra Jerman, Perancis, Inggris, Jepang, Rusia, Indonesia, Arab, Sunda, dan Ilmu Sejarah, Jurusan ini yang paling banyak peminatnya, sama Sastra Jepang. Gak cuma itu, jurusan ini juga masuk dalam lis 3 besar jurusan Sastra Inggris terbaik se-Indonesia.

      Sasing sendiri ada tiga penjurusan: Sastra, Linguistik, dan Penerjemahan. Mahasiswa tingkat akhir sudah harus memilih fokus mana yang akan ia ambil untuk bahan skripsinya nanti. Nanti, kamu akan dapet berbagai macam hal yang gak akan pernah kamu duga sebelumnya. Di semester 1 nanti, kamu akan belajar lagi pelajaran yang dasar, seperti Basic Grammar, Paragraph Writing, Reading for General Interests, dan Laboratory Work. Di semester 2, tingkat kesulitan di masing-masing pelajarannya akan meningkat; kamu akan belajar Intermediate Grammar, Essay Writing, Reading for Specific Interests, dan Intensive Listening Comprehension, dan banyak lainnya.

      Nah, baru deh, di semester 3 nanti, kamu baru akan merasakan teori-teori sastra, kamu akan membongkar teks, isi di dalamnya, teknik “membaca”. Dan semakin ke atas, kamu akan dilatih gimana caranya supaya jadi mahasiswa yang KRITIS terhadap sesuatu. Kurang lebih, seperti itu untuk penjelasan mengenai Sastra Inggris sendiri🙂

      Yang dibutuhkan? Hmm, apa ya. Saya juga bingung jawabnya hehe. Pokoknya, kalo memang passion kamu adalah suka dengan segala hal yang berbau Bahasa Inggris, dan kamu berminat masuk Sastra Inggris, yakini itu! Suara hati kamu itu suara yang paling jujur. Dan untuk tesnya, kamu harus YAKIN dulu bahwa kamu bisa tembus sastra inggris, dengan modal itu, kamu sudah 75% mencapai tujuan kamu. Jangan lupa berdoa dan minta yang terbaik; kalo nanti ternyata Sastra Inggris itu pilihan yang baik buat kamu, minta diberikan KEKUATAN untuk kamu menjalaninya, tapi kalo ternyata pilihan itu bukan pilihan yang terbaik, maka TUHAN pasti punya rencana yang jauh lebih baik buat kamu🙂

      Semangat, bro!🙂
      Salam.

  14. tapi kak sebenernya sasing itu nanti kerja nya bisa jadi apa aja?terus kalau kakak waktu msuk sasing pengennya jadi apa?hehehe

    1. Halo, Tika! Di sasing itu sebetulnya ada tiga penjurusan: Sastra, Linguistik, dan Penerjemahan. Kalo kamu fokusnya ke sastra, kamu bisa jadi analyst, marketing interpreter, jurnalis, penulis, dan bahkan duta besar luar negeri. Sementara itu, kalo kamu fokus ke linguistik, kamu bisa berguna di Badan Intelijen Negara, kedetektifan, dan psikologi. Kalo di penerjemahan, kamu gak hanya berkemungkinan untuk jadi seorang penerjemah, tapi juga interpreter, dan pengalih bahasa dari bermacam-macam negara (dan profesi ini gajinya gede banget lho!)

      Meskipun begitu, kamu gak harus fokus ke “Sastra” atau “Linguistik” kalo kamu mau jadi penerjemah. Dan sebaliknya. Dan untuk informasi, lulusan sastra inggris itu fleksibel lho, karena anak-anak sasing itu gak sekadar dilatih biar ngomongnya fasih, atau menguasai grammar, atau menulis dengan koheren. Tapi di sini, kamu dilatih gimana jadinya biar bisa KRITIS sama sesuatu🙂

      Waktu kakak masuk? Wah, pengennya banyak banget. Karena kakak menemukan hal-hal yang belum pernah kakak temukan sebelumnya. Sampe sekarang pun kakak masih punya banyak cita-cita dan harapan sama diri kakak sendiri karena saking banyaknya hal yang kakak belum temukan di Sasing tadi🙂

      Semangat, semoga sukses!🙂

  15. Kak, aku rencana ambil jurusan sastra inggris thn depan, tp aku bingung mau naro urutan universitasnya… Menurut yg kakak liat (objektif), lebih baik saya pilih unpad atau upi sbg pilihan pertama? Kalo boleh saya jg pengen tau kelebihan dan kekurangan sastra inggris unpad yg seeeejujur2nya kak😀 ditunggu balasannya, thanks🙂

    1. Halo, Risha! Wah semoga rencana-rencana kamu bisa diijabah yaa. Aamin.

      Bedanya UNPAD sama UPI? UPI, tipikalnya, menargetkan para lulusannya untuk kerja di bidang kepengajaran (guru, mentor, tutor, dsb), sementara UNPAD gak “terkekang” seperti itu.

      Kelebihan Sasing:
      1. Dosen-dosennya ramah. Beberapa dari mereka bahkan gak mau dipanggil “Mr. atau Ms.”; mereka justru lebih suka dipanggil pake nama. Awalnya mereka emang agak cuek kelihatannya, tapi sebenernya mereka sangat terbuka. Mereka juga gampang diajak diskusi kalo ada mata pelajaran yang gak sepenuhnya kita pahami.

      2. Kurikulum di SASING itu, menurut saya, membuat mahasiswanya tuh “mikir”. Awalnya, saya kira masuk sasing itu akan belajar grammar, ngomong, nulis, dan mendengarkan, tapi ternyata lebih dari itu. Kami dilatih untuk bisa menguasai lebih dari apa yang kita harapkan. Misalnya, di mata kuliah grammar aja, kita gak cuma belajar “rumus-rumus”nya, tapi juga gimana rumus-rumus itu bekerja. Misalnya, kenapa sih kalo I (saya) itu harus dipasangkan sama am atau was? Kenapa gak sama are atau were? atau has? Nah, kita belajar itu juga dengan metode-metode yang sudah dipelajari.

      3. Lingkungan Sasing itu bervariasi. Saya gak hanya nemuin anak-anak yang “sasing banget” tapi juga ada yang “gak sasing banget”. Dan itu menarik karena di situlah letak keberagamannya, yang bisa bikin kita tuh belajar dari banyak sudut pandang🙂

      Kekurangan?
      Hm, apa ya. Saya belum bisa melihat kekurangannya sih, cuman paling dosen-dosennya aja yang kadang agak suka telat atau ngulur-ngulur waktu ujian atau masuk kelas. Hehehe gitu sih paling. Yang lainnya apa ya? Waduh gak tau deh, mungkin saya terlanjur kebawa sama “enaknya” kali ya jadi gak sempet merhatiin yang gak enaknya hehe.

      Semangat ya!🙂
      Semoga rencana masuk SASING bisa dikabulkan🙂

  16. assalamu’alaikum. aku udh baca postingan2 kaka sebelumnya, kaka itu kyknya jago bgt b.inggris. tipsnya apa sih ka buat matengin skill english kita? baik speaking, writing ataupun grammar? apa kaka les khusus b.ing dulu? makasih😉

    1. Alaikassalam. Wah kepo ya!😀 hehe waduh jago?

      Kakak sendiri masih belum berani nyebut diri kakak sendiri sebagai orang yang udah jago. “Bisa” mungkin iya.

      Tipsnya? Wah harus satu-satu Desty kalo mau matengin mah. Hehe tapi yang kamu bisa lakukan pertama kali itu: (1) biasakan membaca bacaan bahasa Inggris. Kamu baca per paragraf, perhatikan kata per katanya. Terus aja kayak begitu selama dua minggu. Dengan begitu, otak kamu secara langsung juga bekerja untuk mengoreksi kalo ada kata-kata yang salah atau keliru ketika kamu berbicara🙂
      (2) sering-sering dengerin Native (penutur asli) berbicara. Sambil dengerin, kamu TIRU apa yang dia omongin. Lakukan terus selama dua minggu.
      (3) Have fun doing it!🙂

      Sebetulnya kamu melakukan 2 step di atas itu juga udah langkah untuk beginner, kalo kamu mau memperdalam lewat les/course, ya silakan saja asal bisa mengaturnya.

      Semangat yaa!🙂

  17. mas,saya siswa SMK,saya mau ngambil bahasa inggris ni,pertanyaanya SMK jurusan MM bisa nggak?dan yg di ujikan pelajaran apa aja

    1. Salam kenal, Enggar!

      Sebelumnya, MM itu kependekan dari apa? Multimedia? Bisa kok🙂 Setahu saya, tes untuk SMA, SMK, dan MI itu semuanya sama aja kok, mungkin yang diujikan agak berbeda. Kalo SMA jurusan IPA, ya tes dasar (MTK, B. Indo dan B.Ing) dan tes IPA. Kalo IPS tes dasar dan tes IPS. Untuk SMK, mungkin kamu bisa konsultasi sama guru-guru di sekolah kamu, tapi intinya murid SMK juga bisa ikut tes SBPMTN kok🙂

      Semangat!🙂

  18. Waaah asyik ya, kalo proses belajarnya sendiri itu full english ga kak?? Oh iya kak, aku pengen tau kalo profesi buat lulusan sasing yg paling ‘menjanjikan’ itu apa ya? Bisa nggak sih kita ngambil linguistik buat skripsi tapi kerjanya di bidang sastra atau penterjemah? Terus kakak sendiri rencana ke depannya apa setelah lulus nanti? Maaf aku bawel kaak, penasaran banget sih sama sasing😀 hehehehe makasih banyak infonya!!😀

    1. Kalo proses belajarnya sih gak full English, paling di beberapa mata kuliah aja yang pake bahasa inggris penuh, misalnya kayak “Thematic Spoken English” atau Grammar. Semuanya kadang ada yang zig-zag kok.

      Ada yang Inggris-Indonesia-Sunda hehe. Ada yang gak mau pake Bahasa Indonesia, ada yang sekalinya pake bahasa Inggris, terus langsung pake aksen British (aksen Inggris). Beragamlah! Hehe tergantung dosennya.

      Profesi untuk sasing yang paling menjanjikan? Kalo ngambil sastra, kamu bisa jadi penulis, analis, mediator FGD, jurnalis, broadcaster, dan banyak hal lainnya. Kalo kamu ambil linguistik, kamu bisa jadi market researcher (Google aja kalo baru denger istilah ini), linguis, kerja di Kepolisian, Badan Intelijen, dan bahkan Departemen Luar Negeri. Sementara kalo kamu ambil Terjemahan, kamu bisa jadi (tipikalnya) penerjemah dan interpreter.
      Tapi jangan salah, kamu gak harus masuk jurusan Penerjemahan kalo kamu mau jadi penerjemah🙂 Dan di FIB, kamu gak harus bikin skripsi kalo kamu udah bisa buat satu buku dan dipublikasikan ke khalayak🙂

      Rencana kakak ya? Hm, kakak pengen jadi penerjemah, analis juga, tapi paling pengennya sih jadi dosen, sastra khususnya, di luar negeri. Hehe seru kayaknya🙂

  19. Hey ka how you doing? Aku mau nanya nih tentang lintas jurusan, katanya tahun ini gaboleh lintas jurusan padahal aku pengen banget masuk sasing unpad lewat undangan. Tapi ada juga yang bilang kalo lintas jurusan itu gimana fakultasnya mau nerima anak ipa atau ngga. Kalau di Unpad gimana ka? Really need your information, thanks before

    1. Hi, Dit! I’m swell thanks🙂

      Saya agak bingung sama lintas jurusan yg kamu maksud di sini. Yang saya tahu, lintas jurusan baik di sekolah maupun di UNPAD itu bisa-bisa aja kok. Waktu saya SMA dulu, saya kan IPA, tapi langsung mutusin untuk ngambil IPS di ujian tertulisnya. Itu gak masalah. Sama kayak tes undangan. Nilainya kan akan dilihat dari nilai rapot, tapi kan keputusan untuk milih jurusan mana itu ada di kamu. Nanti, tim penilainya yang ngeliat, kira-kira nilai-nilai kamu di rapot sesuai gak sama jurusan yang kamu pilih?

      Misalnya, kamu pilih jurusan Agribisnis di jalur undangan, tapi nilai-nilai kamu yang IPA anjlok (atau lebih rendah dibandingkan nilai-nilai IPSnya), otomatis itu jadi pertimbangan tersendiri untuk jurusan yang kamu pilih. Tapi itu gak menutup kemungkinan kalo kamu gak bisa dapet jurusan itu karena kita gak akan pernah tahu kasus ke depannya gimana (kursi yang kosonglah atau gimana). Intinya, kamu harus pinter-pinter milih jurusan yang emang sesuai sama nilai, kompetensi, dan, yang paling penting, minat kamu.

      Semangat!🙂

  20. awesome. can’t wait to be the next english literature student :DD
    aku masih belum tau ambil sasing di ptn mana, tapi yang jelas, aku udah mantap banget mau masuk jurusan ini, walau pun aku anak ipa yang (sempat) berjuang untuk FK. wkwk
    btw, mata kuliah sasing di setiap univ beda2 ya kak?
    the last, kak, semangatin aku dong /? xD *apaini

  21. Hi, there! Wow, I do appreciate your struggle! Going into a Medicine Faculty would be a strenuous job, I can tell. Hehe. Ngomong-ngomong masalah mata kuliah, yang saya liat emang berbeda-beda, cuman gak terlalu jauh perbedaannya. Kalo di SASING semester 4, kami dapet mata kuliah Survey of Elizabethan Period, sementara di UI di semester yang sama dapet mata kuliah Prose Studies. Beda-beda. Tapi itu gak jadi masalah kok.

    Hmm, semangatin ya? Ya, apapun yang kamu pilih untuk jurusan di universitas, pastikan pilihan itu berasal dari dalam hati. Jangan sampe karena terbawa lingkungan atau di bawah tekanan. Takutnya, kalau kamu ada di posisi yang kedua, kamu sulit bertahan pas di “medan perang” nanti. Karena, gak cuma pas ujiannya aja kamu harus berjuang sama pendaftar-pendaftar yang lain, tapi setelah kamu lolos di sebuah universitas juga kamu akan berhadapan dengan lawan-lawan yang JAUH lebih tangguh. So, be sure you prepare yourself beforehand. Semangat!😀

  22. Kak mau tanya nih, simpel kok hehe kriteria nilai rapor yang gimana sih kalo mau ke sasing unpad? Kalo nilai bahasa inggrisnya terendah 87 sisanya kepala 9 tapi naik turun gimana kak? Tlg reply ya kaak. Terimakasih:)

    1. Halo, Ririn! Sebetulnya kakak kurang paham mengenai sistem perhitungan akumulatiif dari nilai rapor untuk tahun ini karena kan kurikulumnya berbeda. Tapi, kalo yang kakak baca sih dengan modal kamu yang nilainya udah kepala 9 semua, itu bakal jadi pertimbangan yang win-win atau sama-sama untung. Misalnya kalo nilai kamu udah “megang” kayak gitu, dan jurusan yg kamu mau pilih adalah SASING, itu bisa jadi peluang besar untuk lolos. Meskipun begitu, kita tetep gak tahu apa yang terjadi ke depan, kayak kasus-kasus “rebutan bangku” atau “bangku mepet”.

      Intinya, tetap optimis aja yaa🙂

  23. Hi, kak! just want to make sure, kalau ambil jurusan sasing bisa jadi Anchorwoman kan kak? just the thought of being an anchorwoman makes my heart skip a beat hehe. oiya kak, anak-anak di sasing gimana? asik-asik ga?

    1. Bisa banget. Peluangnya besar. Karena di sasing kamu belajar cara pengucapan sedetil-detilnya, misalnya kalo ngomong “what” posisi lidah kita itu gimana dan segala macemnya) dan kamu juga belajar intonasi dalam berbicara. Itu modal yang berharga kalo kamu mau jadi anchorwoman. Paling nanti baru belajar skill diplomasi dan pengaturan gaya tubuh untuk keperluan “TV.”

      Anak-anak sasing? Seru kok. Mereka solid banget. Dan mau saling bantu kalo ada salah satu temen yg istilahnya “ketinggalan.” Meskipun ada beberapa yang cukup “serius”, tapi ada juga beberapa yang solider dan loyal.🙂

  24. Hallo kak… aku mau daftar snmptn bingung banget ini. Kira kira kalo sastra inggris itu yang perlu diperhatikan nilainya apa aja sih selain inggris .

    1. Halo! Sebenernya tergantung sama jurusan yang kamu ambil sih. Kalo kamu IPA, yang diperhatikan biasanya, kalo kamu mau Sasing, ya nilai bahasa Inggris dan nilai-nilai IPAnya. Sama kayak IPS.

      Semangat ya!:)

  25. Kak aku jurusan ipa saat ini terus mau lintas jurusan ips waktu kuliah nanti.Berdasarkan pengalaman kakak susah ga kak mepelajari materi ips yang sebelumnya anak ipa tidak pelajari hanya dalam waktu beberapa bulan saja? Terus kiat2nya juga bagaimana? Makasih

    1. Haloo Nisa! Maaf baru buka blog hehe. Nggak kok, mempelajari pelajaran2 IPS menurut kakak malah jauh lebih gampang karena cepat diserap dan gak harus ngitung-ngitung dulu. Kiat-kiatnya yang harus dijalani kalo sepengalaman kakak ya:
      1. Niat yang kuat dulu. Kalo misalnya kamu emang mau pindah IPS, yang jelas niatnya harus konsisten. Jangan setengah-setengah. Perjuangin yang kamu bisa.
      2. Belajar keras. Kalo udah niat otomatis harus ada wujudnya, yaitu belajar. Insya Allah, kalo udah niat terus kamu mulai belajar, pasti ada jalannya. Katakanlah di tengah-tengah kamu ada topik yang gak ngerti, secepatnya konsultasi. Jangan malu.
      3. Doa. Serahin semuanya sama Allah. Karena yang ngatur jalan hidup kita kan Dia.
      4. Restu orang tua.

      Sukses yaaa

  26. Kak, saya skrng mau ikt ujian SBMPTN, mnrt kk bagusnya untuk pilihan 1 t UPI ato UNPAD y?
    Ad d pertanyaan sblmny, tp kalo sya googling, krjaan mahasiswa UPI jg bnyk yg non akademik sih
    Dan sya baca” si UPI untk sastra inggris ke 3 se Indonesia
    Jadinya saya agak bingung mau pilih universitas yang mana
    Mohon saranya ya kak
    Makasih bnyk

    1. Halo Antonio. Maaf saya baru buka blog. Kalo yang kamu incar itu prospek pekerjaannya, sebenernya dua universitas itu menawarkan hal yang kurang lebih sama. Bedanya, kalo UPI lebih menawarkan jalan untuk menjadi teknisi pengajar, sementara UNPAD lingkupnya lebih luas. Dan masalah peringkat jurusan, mau dia di peringkat pertama atau berapapun, ya balik lagi ke anak didiknya. Seberapa mampu dia memaksimalkan kemampuan dirinya di fakultas itu di universitas itu?
      Kalo misalnya mahasiswanya tekun, mau dia ada di fakultas yang peringkatnya ke-100 pun (ini ngaco hehe) ya dia bakal bisa survive. Dan belum tentu mereka yang kuliah di fakultas yang peringkatnya terbaik bisa survive. Ya…siapa yang tau juga hehe.

      Berhubung saya balesnya telat, kamu berarti pilih apa di tes kemarin?

  27. Ka, kalo misalkan untuk biaya SMPTN sama tes mandiri itu sama atau gimana sih? Aku masih kelas X Belum terlalu ngerti sama biayanya.. Seenggaknya saat ini aku bisa belajar terus sembari nabung buat kuliah nanti.. Ditunggu balesannya ka.. Makasih🙂

    1. Haloo Aisyah. Aduh maaf banget yaa ini telat banget baca komentarnya. Kalo biaya tes ya jelas beda lah🙂. Biasa SBMPTN kan dari pemerintah, jadi dana yang dianggarkan untuk calon mahasiswanya pasti juga lebih ringan dibandingkan tes lain. Sementara itu, tes Mandiri itu dinaungi sama universitas yang bersangkutan. Meskipun universitas itu sendiri dibawah naungan pemerintah, tapi kan ada alokasi dana yang dianggarkan untuk pihak pendidik di universitasnya, sehingga dananya lebih mahal dibandingkan SBMPTN.

      Kalo waktu tahun saya, SNMPTN (sekarang SBMPTN) itu untuk jurusan IPA dan IPS harganya Rp 200.000, sementara jurusan IPC harganya Rp 250.000. Kalo tes mandiri sasing, ini keterangan dari teman-teman saya, itu Rp 15.000.000. Sekarang beda lagi harganya.

  28. Kak, kakak masuk sastra ingris unpad lewat tes tulis atau undangan?? Kalo undangan, nilai rata2 kakak berapa kak kalau boleh tau
    Makasih

    1. Halo, Beby!

      Saya waktu itu masuk lewat tes tulis. Kalo undangan, rata2 nilainya harus 85 minimal. Itu sih nilai minimal waktu tahun saya lulus, Beby. Kalo yang sekarang, kamu coba tanya aja sama guru-guru di sekolah.

  29. kak, aku minat bangt sma jurusan sasing tapi b.inggris aku mash kurang, aku juga jurusan mia/ipa, aku takut kalo tes ipa nanti nilainya tidak memenuhi. saran kaka gmn ya? makasih gak sebelumnya hehe🙂

    1. Halo, Fika!

      Wah saya juga dulu anak IPA hehee, tapi seneng banget sama ngedenger orang lain ngomong bahasa Inggris bisa lancar. Jadinya kepikiran lah pengen masuk sasing. Sejak kepikiran itu, meskipun saya gak yakin sama kemampuan bahasa Inggris saya, saya tetep usaha sekeras mungkin. Mulai coba visit website bbclearning tiap hari, dengerin audio tape-nya terus baca teksnya, jadi langsung bisa menyinkronkan ucapan sama tulisannya.

      Kalo kamu berminat sasing, sebetulnya nilai yang dilihat itu nilai tes TPA sama tes IPS-nya (karena kan Sastra Inggris itu jurusan sosial). Tapi itu juga bukan berarti bahwa nilai IPA-nya gak diperhatikan. Yang jelas, kalo emang kamu mau masuk sastra inggris, yakin aja sama diri kamu sendiri. Jangan terlalu memforsir diri dalam belajar. Asal kenal waktu, kalo waktunya tidur ya tidur, pas bangun lanjutin lagi.

      Dan yang paling penting…jangan lupa doa🙂 Allah Maha Mendengar.

      Wallahu’alam.

  30. Hi kk🙂 aku tertarik selaki dgn sasing unpad apa lagi sastra inggris. Tolong do’akan yaa kk semoga saya tembus snmptn hbesok. Sekarang aku kls 12sma🙂

  31. Astaga kak, gara-gara baca ini aku jadi ngebayangin gimana kalo aku di posisi kakak lalu dapat kabar gembira kaya gitu. Oh,ya kak… Aku baru kelas 11, tapi aku pengen banget masuk jurusan sastra inggris. Aku cerita sama mama aku kalo mau ambil sasing tapi kayanya dia kurang setuju, dia mau aku ambil kebidanan dengan alasan setelah lulus kebidanan nanti kerjanya itu “udah pasti”, sedangkan kalo ambil sasing dia tanya “mau ngapain setelah lulus?” padahal aku udah jelasin ke mama prospek kerja lulusan sasing itu ada banyak cuman tetap aja susah dapat restu darinya, sedih kak. Kalo nanti ambil bidan aku merasa kurang greget soalnya aku dari jurusan IPS (walaupun jurusan IPS sebenarnya masih bisa ambil bidan). Aku tanya pendapat teman-teman aku di sekolah tentang sasing, dan mereka mendukung kalo misalnya aku beneran ngambil sasing karena menurut mereka aku berpotensi, nah bukannya banyak support dari orang itu bagus dan kupikir kalo aku kuliah di jurusan yg aku sukai nanti pastinya bakal enjoy dan ngejalaninnya gampang karena udah sepenuh hati. Ah, pokoknya aku bingung kak… Walau kelas 11 tapi aku mikir kuliah itu karena takut nanti kuliah malah salah milih jurusan gara-gara ikut saran mama malah passion-nya kurang. Any advices, kak? Dan ngomong-ngomong kakak setelah lulus sasing pengen kerja apa? Thanks before🙂

  32. assalamualaikum wrwb.
    kenalin kak aku wulan. stelah baca postingan kaka lumayan ngasih inspirasi banget buat nguatin niat ke sastra inggris walaupun gatau dimana, aku masih kelas XI di MA, ya walaupun masih jauh tapi tujuan yang perlu ditarget juga harus ada kan kak. ohiya yg mau aku tanyain disekolahku kan bukan cuman ada ipa ips tapi ada juga jurusan agama nah akukan jurusan agama ntar ngambil tes nya gmna kak trus aku juga bukan orang yang bisa dibilang pinter juga jadi malah minder duluan apalagi unpad itu kuliahan yg susah ditembus. kohon jawaban nya ya kak🙂

    1. Wa’alaikumussalam wr.wb.

      Halo, Wulan! Wah saya baru tau kalo ada sekolah yang jurusan agama. Maksudnya “tes” itu Tes SBMPTN kan? Gini Wulan, setau saya, mau jurusannya apapun waktu SMA, kalo kita mau lintas jurusan itu prosedurnya sama kok kayak jurusan IPA atau IPS.

      Kayak saya dulu aja jurusan IPA, trus pas mau tes tulisnya pindah ke IPS. Gak lama, saya juga nanya ke SMA saya dulu (SMA Yadika 3 Tangerang) dan ternyata adik-adik kelas saya banyak juga yang lintas jurusan, dan mereka lolos di jurusan yang mereka inginkan.

      Yang harus kamu lakukan adalah banyak-banyak cari informasi tentang lintas jurusan di sekolah kamu. Karena biasanya prosedur tiap sekolah beda-beda, apalagi kan sekarang lagi carut marutnya kurikulum tuh. Nah, siapa tau isu lintas jurusan ini juga ikut-ikutan carut marut.

      Coba kamu tanya sebanyak-banyaknya ke guru di sekolah, misalnya guru BP atau Wali Kelas kamu. Usahakan jangan gampang percaya sama omongan temen atau omongan “ini itu” karena takutnya sumbernya gak valid.

      Terakhir, kalo kamu emang bener-bener mau masuk jurusan yang kamu inginkan, misalnya Sastra Inggris, kamu harus tetap belajar dan optimis, dan kamu juga harus kasitau orangtua kamu/siapapun yang kamu nyaman ajak ngobrol tentang jurusan favorit kamu, karena dukungan dan doa mereka itu bisa sangat, sangat berpengaruh buat masa depan kamu. Dan yang terakhir, jangan lupa doanya ga boleh putus.

      Semangat yaa!🙂

  33. Hai kak Himawan? Aku mau tanya nih, kalo mau masuk sasing tapi kitanya ga terlalu menguasai bhs.inggris gimana tuh? Tar pas kuliahnya ribet ga ?

    1. Halo, Dewi! Gak apa kok sebenarnya karena nanti pas semester satu kita belajar dari awal yang basic-basic-nya, kayak Grammar, Paragraph Writing, Thematic Spoken English, dan Labwork buat listening skill. Jadi gak perlu khawatir, nanti lama-lama juga bakal terasah sendiri kok🙂

  34. Assalamu’alaikum kak?
    Pengen tanya nih kak, kalo di unpad ada jurusan bahasa asing ga ka, jadi ga mencakup di sastra inggris aja. Kaya misalkan udah mahir di inggris bisa ke bahasa asing yg lain. Kalo kaya gitu ada ga kak😀 hehe. Tolong di jwb ya ka, sebelumnya makasih🙂

    1. Haloo, Tika! Maaf baru buka blog nih. Kalo untuk jurusan bahasa asing sih gak ada. Tapi misalnya kamu udah jadi mahasiswa Sastra Inggris, kalo kamu mau belajar bahasa asing lain untuk diperdalam, itu boleh banget. Karena di FIB Unpad menyediakan kursus bahasa asing di bagian Pusat Bahasanya. Kalo mau tau lebih lanjut tentang pusat bahasa, search aja di google “Pusat Bahasa FIB UNPAD”🙂

  35. Hi kak. Salam kenal.
    I really having a moment of joy from your writes.

    Aku kelas 12 dan lagi galau banget mikirin penjurusan dan dunia perkuliahan. Dan wow aku nemuin pencerahan banget pas nemuin blog ini. Seneng bgt rasanya ada tulisan seuseful ini. Hehe, boleh sharing ya kak. I do have some question for you. Aku pengen bgt dapet SNMPTN undangan dan aku udah punya tekad khusus mau ke jurusan apa dan universitas apa. But sayangnya aku anak IPA dan yang aku pengen justru jurusan soshum semua. Aku sampe nyesel setengah mati dan sempet gak minat lg belajar IPA padahal dulu nilai nilai IPA aku juga lumayan. Aku ngerasa aku lebih prefer jurusan IPS karena lebih cepet hafalan dan tertarik mengenai sosial politik kayak hukum, fisip, komunikasi, dan lebih lebih Sastra Inggris. Dg tujuan SNMPTN yg peminatnya sekebon kebon apalagi aku IPA dan nilai IPA aku menurun grafiknya aku pesimis bgt untuk dapetin PTN. Tapi nilai bahasa aku ngga ada yg menurun kak. Kata guru ku untuk undangan sasing yg diliat nilai bahasanya aja tapi masa sih? Tapi aku tetep bakalan nyoba buat ambil sasing di SNMPTN. Aku sih mau nyoba UI atau UNPAD. Menurut kakak gmn? Too risky ngga kalo aku ambil UI? Sepaitnya aku ngga ada yg keterima di SNM aku mau coba SBM sasing unpad. Btw itu beneran kak test tertulis jurusan IPA cm MTK Bahasa Indo dan Inggris dasar? Ngga ada fisika kimia bio? Ohya kak one more, tmnku bilang ngapain lo capek2 kuliah sastra inggris kalo belajar bahasa inggris bisa di english course dimana ajalah. Tanggepan kakak gmn tuh? Hehe thankyou anyway.

    Sorry kak kalo banyak nanya. Keep going on share the cool things.

    1. Halo, Inggrid! Terima kasih banyak udah visit ya.

      Kalo boleh flashback nih, saya juga dulu waktu di SMA jurusannya IPA, suka banget sama kimia dan (sedikit) matematika hehe. Pas kelas 12, mulai galau tingkat dewa tuh mau masuk jurusan apa pas kuliah. Tapi alhamdulillah orangtua saya sangat suportif; mau masuk mana aja terserah, yang penting sesuai sama kapasitas saya. Walhasil, H-1 minggu SNMPTN (tes tulis) saya mutusin untuk ngambil semua jurusan sosial. Waktu itu mikirnya “bodo amatlah, kalo gua ga bisa ngapain dipaksain”.

      Jadilah waktu itu pilihan pertamanya, saya milih Sastra Inggris Unpad dan keduanya Hubungan Internasional UI. Kebalik ya? hahaha. Tapi yaudah gapapa, yang penting yakin sama kemampuan saya sendiri.

      Nah, untuk penilaiannya, kalo yang dikasitau sama pembimbing saya di Primagama waktu itu gini: “kalo kamu mau masuk sastra inggris, usahakan tes dasarnya maksimal, lebih-lebih bahasa inggrisnya bener semua.” Yaudah walhasil saya belajar dan belajar. Meskipun soal IPA Murni-nya itu gak yakin, tapi soal IPSnya yakin semua. Yaudah sampe akhirnya hasilnya diumumkan, saya masih gak tau persisnya pembagian penilaiannya gimana. Apa bahasa inggris doang yang diliat atau sama tes dasarnya juga. Gak ngerti deh. Coba deh untuk masalah ini, kamu sering-sering konsultasi, kalo kamu bimbel, ke guru bimbel kamu. Ato kalo kamu gak bimbel, sering-sering ngobrol aja ke temen kamu yang bimbel. Mereka pasti mau share kok.

      Wah ini jadi panjang begini haha. Gapapa ya. Kalo untuk pilihan mau UI atau UNPAD, menurut kakak sih sama aja. Karena alhamdulillah akreditasi sasing di kedua univ tersebut dinilai A oleh BAN-PT. Paling yang beda ya atmosfernya, temen-temennya, dan pergaulannya. Selebihnya sama kok, belajar sastra inggris🙂

      Nah, untuk pertanyaan yang terakhir nih. Kamu jangan gampang kemakan sama ocehan-ocehan kayak gitu. Emangnya temen kamu itu udah pernah masuk sasing atau jurusan sastra sebelumnya? Belum kan? Hihihihi. Kalo boleh saya analogikan, itu tuh sama aja kayak bilang “orang islam harus orang arab.”

      Di sastra inggris, dari mempelajari teks-teks dan peristiwa yang terjadi di sekitar kita, kita gak hanya membaca tulisan-tulisan itu, tapi kita juga “membaca” pemikiran mereka tuh kayak gimana sih atau kepribadian mereka tuh kayak gimana. Karena pada hakikatnya bahasa itu bukan alat komunikasi, tapi sebagai penentu identitas kita sebagai manusia. Kalo bahasa kita gak beraturan, kan keliatan tuh kalo kita orangnya kayak gimana. Kalo misalnya kita lagi ngomong sama orang, tapi kalimatnya gak selesai atau gak ada subjeknya, kan keliatan tuh kalo kita belum bisa mengatur cara bicara kita, dan bisa disimpulkan juga kita belum bisa mengorganisir hidup kita secara umum. Tanggapan kakak, sementara di english courses kita “cuma” belajar grammar dan tata bahasa atau pengaplikasiannya di kehidupan sehari-hari, di Jurusan Sastra Inggris, kita belajar lebih dari itu. Kita belajar gimana sih cara berkomunikasi dengan orang, dan dengan begitu kita jadi bisa mengenal orang lain dan, khususnya, diri kita jauh, jauh lebih baik.

      Kalo boleh berpendapat nih, kakak gak pernah nyesel masuk jurusan sastra inggris. Karena ilmu yang didapatkan itu BANYAK banget. Cabang profesinya bisa ke mana aja, di bidang sosial dan hukum tentunya.
      🙂 Semoga bermanfaat🙂

  36. Halo kak, izin bertanya, saya jurusan IPA nih, saya ingin banget masuk sasin di unpad, nilai di rapot bahasa inggris saya lumayan, diatas garis kemiskinan *aduhduh😀 tapi nilai matematika saya agak kecil kak, apa itu jadi pertimbangan juga untuk masuk lewat SNMPTN ke sasin? Thank you kak ditunggu jawabannya🙂

    1. Halo, Nisa! Makasih udah jalan-jalan ke blog ini ya hahah😀

      Untuk penilaian, coba kamu tanya ke guru di sekolah deh, soalnya biasanya pembagian penilaian tiap sekolah itu beda-beda, Nisa. Sering-sering ngobrol juga sama temen-temen yang ikut bimbel, atau kalo kamu ikut bimbel bisa langsung tanya ke guru bimbelnya ato tutornya.

      Semoga bermanfaat🙂

  37. Waaahhh ngiler deh, hehe. By the way, selamat ya kak Hilman. Aku juga mau ikutan snmptn tahun sekarang, rencananya mau ke unpad dan jurusan sasing pula hihi. Semoga keterima *amiin*.
    Eh, kak… aku mau tanya soal kalo mata kuliahnya sasing itu pada berat ga sih?

    1. Alhamdulillah🙂 wah serius? semoga bisa dikabulkan yaa. aamiin ya rabbal aalamiin.

      Kalo mata kuliah, di sastra inggris dari semester satu itu kami belajarnya berjenjang kok, jadi dari yang basic-basic dulu. Nah pas semester dua nanti naik levelnya, jadi intermediate. Level-levelan kayak gini itu sampe semester dua aja, di semester tiga, mata kuliahnya udah beda lagi dan JAUH lebih seru. Tapi gak akan lepas dari pelajaran di dua semester sebelumnya kok🙂

    1. Halo, Hannisah! Untuk passing grade setau kakak itu 42 yang tahun 2013. Kalo untuk tahun 2015 mungkin sudah beda lagi. Coba search di google, di website SNMPTN biasanya ada passing grade semua jurusan di beberapa universitas di Indonesia.

      Kalo untuk jalur undangan mah insya Allah 70% masuk asal semua persyaratannya terpenuhi. Untuk info lebih lanjut mengenai ini, search aja di website unpad (unpad.ac.id), di situ banyak informasi bermanfaat untuk jalur undangan🙂

      Semoga sukses!

  38. Halo kak Himawan!

    Aku sekarang kelas 12 IPA dan memang dari SMP bakat dan minatku adalah English. Tapi karna saran dari orang lain kalau IPA itu lebih bikin luas wawasan dan gampang masuk univ (which I found not entirely true) akhirnya aku milih IPA. Sekarang aku mau ikut smbptn untuk Sastra Inggris di UNPAD, kira – kira gimana ya prosesnya? Aku masih belum ngerti tentang lintas minat itu. Jadi apa kita di test menurut soal2 saintek atau sosial? Atau dua duanya?

    Makasih kak. Congratulation by the way! All the best for you🙂

    1. Halo, Esther!

      Waktu kakak SMA juga banyak banget guru-guru dan temen2 yang bilang kalo kita masuk ke jurusan yang IPA, pasti jalur pekerjaannya lebih gampang atau akses profesinya terbuka luas. Tapi pas kakak masuk sasing dan melihat banyak lulusan sastra yang jadi “orang besar”, omongan yang kakak denger dulu bener-bener kebantah. Intinya, di fase-fase “mau jadi mahasiswa” kayak kamu sekarang, usahakan jangan dengarkan omongan-omongan yang kamu gak tau. Itu kan bisa aja spekulasi mereka sendiri. Mereka gak tau apa yang terjadi sebenarnya di lapangan. Jadi tutup kuping aja🙂

      Untuk prosesnya, kamu bisa daftar ke sekolah kamu, biasanya pihak sekolah mengumumkan kok kalo mau ada tes tulis. Abis daftar ke pihak sekolah, biasanya langsung bayar (untuk jurusan IPA dan IPS masing-masing 200ribu, untuk IPC 250ribu). Nah abis bayar, tinggal tunggu kartu tes, tinggal dicetak, nanti di cetakan itu terlihat lokasi kamu bakal tes. Biasanya sih lokasinya gak akan jauh-jauh dari sekolah kamu, masih satu daerah. Udah deh, nanti tinggal tunggu pengumuman dari universitas yang kamu pilih pas tes SBMPTN.

      Lintas minat itu sebenernya bukan proses, Esther. Gak perlu prosedur yang berbelit-belit atau segala macem. Yang perlu diperhatikan adalah kemauan dari dalam diri kamu sendiri. Misalnya kamu jurusannya IPA nih sekarang, kalo pas tes nanti kamu mau masuk jurusan IPS ya silahkan aja. Nah itu namanya lintas jurusan, sama kayak kakak dulu. Dua tahun belajar IPA murni di SMA, trus pas mau tes tulis, di kolom jurusannya milih jurusan IPS haha. Tapi alhamdulillah kakak dapet dan gak nyesel sampe sekarang🙂

      Kalo pas tesnya mah nanti sesuai sama jurusan yang akan kamu pilih. Kalo milihnya jalur IPA, soal yang dikasih juga IPA sama Tes Dasar. Kalo IPS ya soalnya IPS sama tes dasar. Nah, kalo IPC yang disoalkan adalah IPA, IPS, dan tes dasar.

      Semangat!🙂

      1. wah aku juga mau lintas jurusan nih kak, kakak dulu tes masuk UNPAD milih IPS?? Aku masih bingung pilih IPC atau IPS aja SBM nya, tolong masukan nya kakaaaak🙂 thanks

        Best Regards, Calon Mahasiswi Sasing (Amin)

      2. halo, Nadya! Iya saya dulu milihnya IPS. Kalo disuruh bantu milih IPS, IPC atau yang lain kakak gak bisa pastiin, tapi mungkin kakak hanya bisa ngasih gambaran aja. Sebetulnya tiga jalur tes itu beda metodenya aja, maksudnya pas di tes nanti, soalnya bisa berbeda. Di IPS, yang diujikan itu ada Tes Dasar dan Tes IPS murni, sementara kalo IPC: Tes Dasar, Tes Ipa Murni dan IPS Murni. Jadi IPC tuh kayak rangkap IPA sama IPS gitu.

        Kelebihannya, kalo milih IPC kamu bisa nentuin lebih banyak jurusan dibandingkan kalo kamu ambil IPS/IPA. Namun demikian, hanya karena bisa milih jurusan lebih banyak trus peluang masuknya juga bisa lebih besar; belum tentu. BIsa aja kamu ambil IPS dan yakin sama jurusan yang kamu pilih dengan ngerjain soalnya bener berapa buah (biasanya ada ketentuan berapa soal aja yang harus diisi/bener, karena FYI kan soal SBMPTN itu dibuat gak untuk diisi semua), jadi pilih soal yang bener-bener kamu kuasai.

        Kalo kamu mau masuk sasing, usahakan tes dasar bahasa inggrisnya bener 7 buah soal, dan tes IPSnya semua bidang studinya diisi: sosiologi, geografi, ekonomi, dll. Jangan sampe ada yang kosong.

        Semoga sukses! Sampe ketemu di UNPAD! Aamiin🙂

  39. Ka….Salam Kenal
    kalau saya smk nya di jur.Perhotelan….kuliahnya di sastra inggris cocok ga ka?Soalnya saya udh lama bgt pengen kerja perhotelan diluarnegeri
    makasih😉
    Assalamualkum

    1. Alaikassalam, Rikzan!

      Wah cocok banget, karena di sekolah kejuruan biasanya kamu udah dilatih skill dasar untuk berkomunikasi dan bertata krama, sehingga kalo diasah di jurusan Sastra Inggris, kemampuan kamu bisa melampaui yang udah kamu punya.

      Semoga sukses ya!🙂

  40. hay kak, aku mau nanya nih kalo ngambil sastra inggris unpad kerjanya nanti jadi apa ya kak selain jadi guru?
    Makasih🙂

  41. Halo kak, salah ini siswi kelas 12 Sma IPS, saya ingin sekali masuk ke Sastra inggris, tapi kemampuan saya dalam bahasa inggris masih kurang😦, mlah saya bisa masuk kategori tidak lancar. Kira – kira dengan kemampuan saya yang kurang, bisa masuk sastra inggris apa engga ? terus nanti kuliahnya gimanaa ?? mohon Informasinyaaa yaa kak. makasihhh

  42. hai kak! aku mau nanya nih persaingan masuk sasing di unpad ketat ga sih? banyak yang bilang kalau masuk unpad persaingannya tu yang berat . makanya aku masih ragu hehe.Aku baru kelas 10 nih tapi udah mikirin masuk kuliah soalnya kalau masuk UNPAD tuh bagi aku kebanggaan banget. oh ya aku kan ipa kak, materi pas tes susah gak ya? terus tes apa aja sih ? mohon di jawab ya kak . thx before🙂

  43. HI KAK..:D
    aku lulusan SMA tahun 2015, aku pengen banget masuk sasing, tapi pas daftar SNMPTN kmaren aku ambil administrasi and pendidikan bahasa inggris di Malang, aku nyesal banget, jadi aku penget ikut tes jalur SBMNPTN jurusan sasing, nahh kalo misalnya lulus jalur SBMNPTN nanti di tes lagi kah..??? and apa bedanya biaya masuknya jalur SBMNPTN and Mandiri..?

  44. Kak!!!!! Setelah baca blog kk dan komentar2nya, saya semakin yakin untuk masuk Sasing Unpad!! Doakan saya ya kak untuk SBMPTN tahun ini. Semoga bisa tembus Sasingnya Unpad Amiiiiin..
    Tapi kak, saya anak ipa dan sy rencana mau tembak teknologi informatikanya unpa jg. Tapi saya lebih pengen masuk sasingnya. Pengeeeennn bgt malah. Kira2, urutan yang bagus untuk pemilihannya gmn ya kak? Sasing dulu atau TI dulu?

    1. Halo! Wah senang dengernya kalo kamu semangat masuk sasing unpad. Untuk urutannya, kamu pastikan pilihan pertama itu yang kamu pede bakal masuk. Begitu seterusnya yang kedua atau yang ketiga.

      Kalo masalah dulunya anak IPA menurut kakak gak terlalu masalah soalnya banyak kok di sasing yang juga dulu jurusannya IPS.

  45. Halooo kak wah udah mulai detik2 menuju sbmptn 2015 nih seneng banget nemu blog ini jadi tambah semangat😀 mau nnya dong kak kan aku mau test sbmptn IPS nah aku kurang yakin di matdas😦 terus kiat2 kakak apanih biar 99% kita yakin kalo jawaban kita di test dasar bahasa inggris betul semua? secara kan textnya panjang kak apa kita fokusin di bahasa inggris aja kak biar bisa masuk sasing?. mohon pencerahannya kak:) soalnya mau belajar serius banget di test dasar bahasa inggris biar masuk UNPAD amiin

    makasih kak

    1. Halo! Kakak yakin sama jawaban bahasa inggrisnya karena soal-soal yang diujikan itu sudah pernah kakak temui sebelumnya. Jadi, pas ketemu di lembar jawaban, gak kaget lagi, dan walhasil yakin deh kalo jawaban itu bener. Hehe.

      Kalo misalnya kamu mau masuk sasing, ya kakak merekomendasikan kamu fokus di soal bahasa inggrisnya. Tapi itu bukan kemudian kamu mengabaikan dan malah menganggap enteng soal-soal lainnya karena kan penilaian untuk masuk suatu universitas berdasarkan akumulasi semua mata pelajaran.

      1. Waktu kelas 3 SMA, kakak les intensif untuk SNMPTN di Primagama, dan setiap try out-nya, mereka selalu memberikan soal-soal SNMPTN tahun-tahun sebelumnya. Setelah itu, barulah guru bahasa Inggris saya di les membahas soal-soal di try out tadi. Jadi, pas tes tulis SNMPTNnya, saya gak kaget kalau ada soal-soal yang polanya sama🙂

        Wah. Sabar ya. Allah pasti tau yang terbaik buat kamu🙂 jangan nyerah, dan jangan menyesal atas apa yang kamu sudah pilih.

      2. tapi dari snmptn kemaren aku milih unpad terus kak , emg belom rezeki kali yaa.. masuk sastra inggris kok susah ya kak? peminatnya banyak bgt TT

    1. Halo, Chantika! Di Unpad gak ada program pendidikan karena emang lulusannya difokuskan bukan untuk jadi pengajar, beda seperti UPI. Kesulitannya sebetulnya tergantung masing-masing orang sih ya. Soalnya kan bahasa Inggris itu kita sudah belajar dari tingkat SD (atau bahkan TK). Jadi sepertinya akan lebih mudah mengikuti mata kuliahnya. Ditambah juga, pas masuk sasing di awal, pas semester 1 itu kita belajar lagi dari awal, seperti Basic Grammar, Basic Writing, Basic Speaking, dan seterusnya.

    1. 1 tahun berarti kan 2 semester. Untuk angkatan 2014, 2015, dan selanjutnya, biaya Uang Kuliah Tunggal untuk Sastra Inggris adalah 5 juta. Itu tagihan untuk tiap semester setau saya. Dan itu juga belum termasuk uang gedung (atau uang bantuan namanya) sebesar Rp 2 juta, yang mesti dibayar saat pertama kali diterima masuk.

      Berarti, semester 1 mahasiswanya harus membayar Rp 7 juta, dan semester selanjutnya Rp 5 juta.

  46. assalamualaikum ka . sya mau tanya sya smk swasta alhamdulillah cukup bagus nilai sya . sya pengen tanya kalw sasing itu pas snmptn tes? atw masukin nilai raport aja? klw bdanya sma bidikmisi apa ya? tks

    1. Alaikumussalam warahmatullah. Kalo waktu tahun 2012 kan SNMPTN itu yang tes tertulis, kalo sekarang kan namanya SBMPTN yah? Jadi, ya jelas. Mau masuk jurusan apa aja, kalo yang namanya ikut SNMPTN (waktu itu) harus ikut tes, yang ada tes dasar, IPA sama IPS, sesuai jurusannya masing-masing. Nah, kalo SNMPTN yang sekarang itu kan sama kayak undangan ya? Jadi sistemnya nilai rapot. Untuk informasi lebih lengkapnya, kamu coba tanya teman kamu yang les di instansi tertentu (seperti Primagama atau instansi lain yang menyediakan Kursus khusus SNMPTN/SBMPTN).

      Kalo emang mentok-mentok gak ada, kamu jangan ragu tanya ke guru di sekolah kamu. bisa tanya ke Guru BP atau Wali kelas, karena waktu kakak SMA dulu, mereka yang sering kasih informasi terkait tes.

      Nah, kalo bidikmisi itu bukan tes, beda lagi. Itu nama beasiswa, biasanya untuk mahasiswa yang “kurang mampu”, tapi itu sih hanya persyaratan formal aja. Siapapun bisa ikut asal memenuhi persyaratannya. Nah, beasiswa ini kalo dapet, mereka ngasih 4 juta tiap bulannya. Bisa lebih bisa kurang.

      Semoga membantu🙂
      Salam.

  47. Hai, kak. Mau tanya nih, kan aku sekarang kelas 12. Ada rencana juga buat masuk Sastra Inggris Unpad lewat SNMPTN. Bahasa pengantar yang digunakan itu 100% bahasa Inggris atau ada bahasa Indonesianya? Rada parno soalnya listeningku kurang bagus, hehe.
    Nah, satu lagi. Ketika kakak masuk Sastra Inggris Unpad ada sertifikat kejuaran lombanya ga? Aku ga punya sertifikat lomba soalnya, kalo sertifikat TOEFL bisa? Itupun nilaiku cuma 493, ga ada 500. Jadi rada pesimis😦
    Thanks:)

    1. Halo, Armaita! Wah seneng denger semangatnya mau masuk sasing hehe🙂

      Maksudnya bahasa pengantar itu bahasa pas kuliahnya ya? Enggak kok. Bahasanya bergantung sama dosennya. Ada dosen yang mau full pake bahasa inggris, ada yang full bahasa indonesia, ada juga yang bahasa sunda hehe.

      Kalo masalah kemampuan mendengar, gak usah takut. Karena di semester pertama nanti akan dapet mata kuliah yang ngelatih listening skill kamu. Jadi belajarnya akan diasah terus.

      Wah kata siapa harus pake sertifikat? Kalo masuk jurusan tertentu kan karena hasil tes SBMPTN atau tes yang lain, bukan karena ada sertifika TOEFL atau kejuaraan tertentu.

      Jangan pesimis yah. Kalo kamu emang yakin sama pilihan kamu, semuanya pasti ada jalannya🙂 He he. Semangat!

      Mawan.

  48. ka mau nanya banyak nih..
    untuk bisa masuk Unpad jurusan S inggris, soal testnya kyk gmn yah? terus materi soal lewat jalur sbmptn apa aja ya? terus dari Soal MTK, B.indo dan Inggris saya harus benar brp dan harus diisi brp? Soalnya saya masih kelas 11, masih harus banyak menampung ilmu biar masuk Unpad jurusan S. inggris kaya kaka..
    maaf ya ka banyak nanya

  49. haii kak,, aku baru kelas 11 tahun depan aku lulus,rencananya sih aku mau sasing di unpad aku kepo banget tentang unpad kira2 seleksi masuk nya ketat banget gak ka?

    1. hai, Naurah! Wah sebenernya kalo ketat atau engga, sistem pemilihan waktu saya dulu (2012) dan sekarang udah jauh beda. Coba kamu tanya guru BP di sekolah kamu atau temen kamu yang les di lembaga (Primagama, LIA) tentang seleksi ini. Karena biasanya mereka lebih paham tentang daya tampung dan hal hal yang berkaitan dengan tes tulis SBMPTN🙂

      Semangat ya!🙂

  50. Assalamualaikum kak.. kebetulan skrg sy udh kls 12. nah sy mau ambil jurusan sasing di unpad lewat jalur snmptn, berarti yg dilihat itu dari nilai bahasa inggrisnya harus bagus ya?

  51. Kaa,mau nanya nihh.
    Aku sekarang kelas 11 anak mia dan pastinya mau masuk sastra inggris unpad, setelah aku baca comment2 kaka, katanya nanti kalau tes nya ambil ips ya?aku kan ngambil jurusan mia karna aku gabisa inggris,terus nanti tes sbm aku harus ips?aku kan ngga ngerti ka:(aku bakal lolos ga? Terus kalau aku ga lulus bisa tes mandiri lgsg ke unpadnya pd tahun itu ga ka?

    1. Hai, Nadhia! Haha aduh tenang dulu yaa.

      Jadi H-2 minggu tes tulis itu kaka pilih ips, dan pelajarannya itu bisa diikutin dengan baik banget karena emang pas di sekolah kan belajar lagi. Ditambah dari tempat les kaka, disediain buku tutor gitu, jadi abis materi langsung ada latihannya. Walhasil, jadilah.

      Kamu ga perlu takut kalo kamu yakin kamu bisa. Karena kalo kaka bisa, kamu harusnya juga bisa dong🙂

      Iya untuk tes mandiri, bisa diambil pada tahun yang sama dengan tes tulis kok.

  52. ka wini kan ngmbil jurusan akuntansi di smk. nah kalo sekolahnya ga ngumumin ada tes atw semacamnya tentang kuliah gmana tuh ka? apa kita harus ke unpad nya langsung tanya tanya gitu??,

  53. Sblmnya slm knl kak,sya rachmad siswa sma kls 12 ipa di smtera sya mau tanya kak gimna sih teknisnya untuk ikut tes sbm ipc prodi sasing.

    1. Halo, Rachmad! Teknisnya, kamu daftar dulu tes SBM yang dibuka lewat online. Biasanya informasi pendaftaran ini dikasih sama guru guru kamu di sekolah. Atau sering sering aja buka website snmptn, infonya sering terbarukan kok.

      Abis itu, kalo udah daftar, kamu harus ngisi jurusan yang kamu mau, selain nama, tempat tinggal, lahir, sekolah, dll. Kalo udah, nanti di websitenya kamu dikasih kartu identitas yang harus kamu bawa ke tempat ujian tulis kamu.

      Yaudah deh gitu aja. Tinggal pergi ke tempat ujian sesuai dengan jadwal yang udah ditentukan di kartu identitasnya.

      Good luck!

  54. Awal test nya gimana kak? kasih tau dong awal2 masuknya gimana dari awal pendaftaran, oiya aku kan jurusan bahasa, menurut kakak aku lebih baik ngambil test IPS/IPC ? ., kira2 yg lebih mudah yg mana ya hehe ? di sasing ada bhs kedua nggak ? seperti mata pelajaran bhs lainnya seperti turki dll … bagi tips2 masuk unpad dong kak, aku pengen banget masuk sasing di unpad, kira2 kecil kemungkinan nggak masuk dari yg sekolah di luar daerah seperti kalimantan?
    Mohon Bantuannya kak🙂 Terima kasih

    1. Halo, Didah! Maaf agak lama ya balasannya. Awal tesnya ya daftar aja untuk tes tulis. Waktu itu dari sekolah buka pendaftaran. Kalo IPA sama IPS bayar 200 ribu, IPC 250.

      Kalo yang lebih mudah mana, kakak sih ga bisa bilang banyak karena kaka belum nyoba tiga tiganya, hanya IPS. Tapi sebenernya kesamaan dari 3 jurusan tes itu ada di kemampuan dasarnya (mtk, b.indo, b.inggris).

      Kalo mata kuliah bahasa kedua, itu gak ada🙂 jadi khusus ngebahas bahasa Inggris. Kalo masalah kemungkinan masuk jurusan tertentu, kaka rasa itu gak ngeliat kamu dari daerah mana. Tapi, biasanya sih, kalo kamu milih univ-nya di Pulau Jawa, kemungkinan lebih besar yang akan dapet kursi di Pulau Jawa dan Sumatera (sepengalaman kakak sih gitu karena temen-temen kaka di sasing kebanyakan dari dua pulau besar itu). Tapi, itu bukan berarti pulau lain gak punya kesempatan.

  55. Halo kak mawan, aku anak smk tapi les buat sbm dan rencananya mau ngambil sasing unpad, kan kakak udah smt akhir ya kalo ga salah? Ini ya aku jabarin pertanyaannya maaf banyak kak :
    1.menurut kaka, kakak udah punya gambaran belum untuk prospek kerja lulusan sasing? (Menurut kak Mawan yah)
    2.Oh iya aku kan rencananya juga nanti pas abis lulus s1 aku mau nyari beasiswa di luar (jerman atau uk mungkin) di unpad banyak beasiswa pascasarjana luar negri nggak yah
    3.Trus misalkan kalo kakak mau ngambil s2 kira2 jurusannya apa kak yang match sama sasing?

    1. Halo, Icha! Iya kakak udah semester akhir (insyaAllah) hehe.
      1. Yang namanya prospek kerja sih kaka udah ngebayangin banyak. Beberapa di antaranya jadi editor, penerjemah, interpreter, pembimbing bahasa inggris, dan lain-lain. Kakak baru bisa berpikir sejauh itu karena kan namanya pandangan ke depan yah, dan kaka juga belum lulus dan tau lapangan di luar sana kondisinya gimana. Tapi, kalo kaka liat dari temen-temen kaka yang udah lulus, mereka ada yang jadi research assistant di OJK, ada juga yang kerja jadi supervisor di perusahaan supermarket, dan ada lagi yang jadi negotiator buat United Nations.

      2. Beasiswa ada banyak kok. Kalo kerjasama sama Unpad, ada DAAD (beasiswa khusus Jerman), Erasmus, sama LPDP. Kalo inggris, setau kaka ada Durham University, Leichester University, sama Chevening Scholarship.

      3. Sebenernya sasing itu banyak lanjutannya. Ke hubungan internasional bisa, bidang pendidikan dan pengajaran bisa, penerjemahan, linguistik terapan, manajemen komunikasi, sama bidang ilmu sosial lainnya.

  56. ka,saya masih kelas 11 di bandung,saya kan mau masuk hubungan international ui tp saya kurang yakin soalnya belum bisa nguasain lebih dari 1 bahasa asing,makannya saya milih sastra inggris unpad jg utk jurusan kuliah sy nanti. Yang mau saya tanyakan, pilihan pertama nya lebih baik yang mana ya?
    Dan nial matpel dasar saya seperti mtk itu agak kurang, kalau hanya mengandalkan bahasa inggris dan matpel lain selaik mtk,apa masih memungkinkan utk masuk unpad?

    1. halo, Arya! Sebenernya kalo untuk pilihan, saran kaka sih pertimbangkan dua hal: minat kamu sama daya tampung jurusan yang kamu pilih. Pertama, kalo emang kamu minat banget di HI, jangan ragu-ragu. Pilih aja. Masalah kemampuan bahasa kaka rasa itu bisa diasah seiring kamu kuliah, karena mau gak mau nanti pasti kamu ada dorongan sendiri untuk belajar bahasa. Di sastra inggris aja, gak semua loh yang dari awal masuk udah “jago” banget, bisa ngomong lancar dalam bahasa Inggris atau grammarnya udah baik. Tapi seiring waktu emang kemampuan bahasa inggrisnya terasah dengan sendirinya karena dorongan dari lingkungan.

      Yang kedua, masalah nilai rapot atau matpel, yang perlu kamu khawatirkan itu jurusan mana yang kamu mau masuk. Setau kaka kalo kamu mau masuk jurusan di univ yang bidang IPA, soal IPA di SBMPTN-nya setidaknya harus benar 7 dari 12. Nah, kalo yang sosial (kayak sastra atau bidang ilmu sosial lainnya) itu setidaknya soal IPSnya yang harus benar 7, dan IPA-nya minimal 5. Tapi, itu informasi yang kakak dapet waktu tahun 2012 lalu, waktu kaka masih les di Primagama. Kalo untuk yang sekarang, kaka ga bisa kasih banyak masukan karena gak tau situasi yang saat ini.

      Kalo kamu masih penasaran juga, coba aja tanya-tanya ke guru BP kamu (atau wali kelas) soal jurusan ini. Kalo engga tanya temen kamu yang ikutan les di institusi tertentu (primagama dan lain-lainnya).

  57. Halo kak! Aku tadi lagi search mengenai sasing Unpad dan nyasar di blog kaka. Aku baca post-an kaka yg ini sampai komennya. Aku anak IPA, yg ngebet masuk sasing tp pesimis karena bimbelan dan guru BK selalu menyarankan sebaiknya jangan lintas jurusan. Aku 23 Oktober kmarin main ke Unpad, dari bimbelanku Global Smart. Ternyata ada juga anak IPA yg masuk sasing, nah dari situ aku agak optimis. Pikiran aku jauh lebih terbuka. Tapi aku masih belum menemukan kakak kelasku atau org yg aku denger dari IPA tahun lalu, masuk sasing dri SNMPTN. Apa kakak tau maba2 kmarin ada yg masuk IPA lewat SNMPTN? untuk informasi rincian biaya, sistem belajar, bahkan peluang kerja udh aku dapet dari komen diatas, aku blm nemu yg satu it. Terimakasih kak sebelumnya😁

    1. Halo, Deranita! Wah seneng dengernya kamu tertarik banget masuk sasing. Setau kaka yang “lintas jurusan” itu masih boleh kook sampe sekarang juga. Soalnya, ade kelas kaka di sasing yang angkatan 2016 juga banyak yang dari jurusan IPA.

      Setau kaka selain psikologi, kedokteran, sama kedokteran gigi, itu boleh kok lintas jurusan. Soalnya kalo yang tiga jurusan di atas itu kan harus ada ujian khusus gitu, dan harus yang dari IPA.

      Ngomong-ngomong, komen kamu gak akan langsung masuk ke section comments, tapi masuk ke waiting list comment dulu, nah baru nanti kaka yang approve/reject🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s