Family: The Best Things About It

Setiap orang punya orangtua. Baik kandung maupun angkat, sayang ataupun tidak, secara materiil maupun teknis, bahkan kadang untuk menjadi dua orang yang terikat ikatan batin dan sah secara nikah, semua hal perlu dikorbankan. Tidak melihat apakah saling cinta atau tidak, saling direstui atau tidak, lawan jenis ataupun sama. Orangtua.

Bokap adalah sesosok orang yang baru bikin gue sadar, kalo pepatah “In the end, you’re not only missing the words of your enemies, but also the silence of your best friend.” itu benar adanya. Sosok malaikat tanpa sayap. Perawakannya tinggi dan berkulit bersih bikin gue yakin kalo beliau dulu adalah sosok idaman cewek-cewek di masanya. Postur tegak dan cara berjalannya bikin gue tambah yakin kalo beliau dulu sering kerja kemana-mana. Dari kecil, beliau udah diajak kerja sama Om-nya. Dari SMP yang jual bensin lah, sampe SMA jualan sapi. Dapet uang banyak dan langsung dilepas buat kuliah kemana-mana. Alhasil, beliau sampe di Telkom dan berhasil jadi ranking 1 di setiap kompetisi yang beliau ikuti.

Semua kesempurnaan itu terasa begitu smooth dan flawless. Satu kejadian waktu itu, gue sempet dimarahin abis-abisan waktu kecil karena numpahin Porcelain di lantai kamar mandi sampe banjir. Semenjak kejadian itu, mungkin gue jadi trauma akan kehadiran sosok beliau kalo ada di rumah. Kepribadian beliau yang dingin dan dikenal stand strong sama prinsip hidupnya bikin kami semua keluarga makin ngeri. Sebenernya, ngeri bukan kata yang tepat. Segan.

Setiap ngobrol dengan beliau, perasaan di sekeliling gue berasa suram. Muram. Kaya ada mata yang lagi ngeliatin dan selalu ngikutin. Gue selalu canggung kalo keadaannya berujung kaya gini: Percakapan empat mata. It’s always been that way. Gak terkecuali dalam hal apapun. Tapi beliau tetep sabar dan selalu support dari belakang apa yang gue mau. Bahkan kadang apa yang belom gue utarakan, beliau udah ngerti duluan dan ngambil tindakan at the first place.

Sampe akhirnya, one day, he sat me down. He talked to me. Beliau ngomong sesuatu soal agama. Kebetulan gue kan lagi masa-masa libur nih –masih nunggu hasil tes SNMPTN juga– yaaa beliau cerita banyak lah. Beliau bilang untuk ngisi waktu gue buat ngapalin Alqur’an, karena manfaat untuk hidup dan pahalanya besar banget. Jangan isi waktu liburan cuma buat nonton bioskop dan baca buku novel yang tebelnya ga keruan. Ya instead of doing all that, lebih baik gue apalin hal yang berguna buat kehidupan akhirat nanti. At the moment, I was suddenly exulted. The way he spoke to me as if he’d never talked to anyone before. There’s something….hearty and deep from words he declared. Heart to heart. I was just then realized that I had been blind all these years.

Nyokap itu disisi lainnya. Sementara bokap gue keras dan dingin, nyokap selalu hadir menghangatkan suasana. Mereka tuh kaya two sides of one coin: totally different. Begitu bokap gue marah karena hal-hal kecil, nyokap selalu ambil tindakan: entah itu nenangin, atau sekadar diam. Yang nantinya tindakan yang diambil bakal menjurus kaya biasa lagi. Well emang itu kan arti pernikahan yang seharusnya: saling melengkapi. To complete each other. Gue selalu susah lo dapet picture yang tepat kalo topik pembicaraan selalu ngomong hubungan. Maksud gue, bisa aja gitu ya dua orang yang bener-bener saling cinta dan mempertahankan itu semua sampe bertahun-tahun. Enak kalo udah ketemu jodoh. Lain sisi mereka yang selalu buang-buang uang buat nikah dan beli segala macem tapi akhirnya kandas ditengah jalan. Terlalu cepat untuk ambil tindakan.


Orangtua gue adalah salah satu figur yang patut dibuat salut.

Kalo bokap lagi pergi, nyokap selalu ngajak anak-anaknya buat sekadar makan malam di luar rumah. Meskipun gak sering, tapi kebersamaan itu selalu yang paling penting. At least it bonds us. Nyokap bela-belain beli apa yang anak-anaknya mau meskipun beliau tau uang itu bakal dipake buat kebutuhan lain. Makanya kadang rasa iba itu selalu ada. Gue selalu mikir kalo tes SNMPTN itu berhasil dan jurusan Sastra Inggris UNPAD itu berhasil tembus, ya at least it’s a start buat bikin orang tua bahagia. At least deh. Ga muluk-muluk. Tapi semua hasil itu gue coba serahkan sepenuhnya sama Allah. Apapun hasilnya, gue coba terima dengan ikhlas.

Poinnya: Gue cukup beruntung masih diberi orangtua yang masih bisa kocar-kacir dan selalu tau apa mau anaknya. Jauh diluar sana, para yatim dan piatu yang haus kasih sayang, mengemis tiap hari, gak cuma uang dan makanan yang dikasih rumah panti asuhan secara materiil, tapi juga kasih sayang yang mereka butuhkan. Semoga kisah kecil gue ini bisa membuka mata kalian –para anak-anak yang JAUH lebih beruntung– yang masih nganggep kalo hidup itu gampang; that life is a piece of cake. Atau hidup itu gak nawarin apa-apa kecuali masalah. Re-think!

Sebegitu  beruntungnya kita dikasih orangtua, kalopun banyak orangtua yang belom tau fungsi dan andil mereka didalam keluarga itu sendiri apa, itu mungkin cobaan buat kita. Untuk lebih sabar. Dan lebih bersyukur. Bahwa hidup ini ga sementara dan mulai memahaminya dengan cara bersyukur.

You have no idea what these beautiful people mean to me.

Leave a Reply

