UN, I just betrayed you.

Howdy! Ini 19 April! Which means……Ujian Nasional udah berakhir!
Belum selesai. Ujian yang katanya ujian terakhir di masa-masa persekolahan ini ternyata bukan yang terakhir. Masih ada SNMPTN. Kalo misalkan di ujian nasional tagline “masuk bersama, keluar bersama” berlaku banget. Nah, mungkin di ujian snmptn nanti tagline-nya jadi “masuk bersama, keluarnya entah kemana mana”. Which is sad.

4 hari belakangan pengalaman ujian ini gak bisa gue lupain gitu aja. 3 tahun sekolah di sebuah sekolah swasta ternyata bukan guilty pleasure yang harus gue sesali. Contekan dan bocoran saat ujian ternyata dikasih! Bukan sekedar rumor lagi. Singkat cerita, gue mau blow up apa aja yang udah selama empat hari gue rasain selama ujian.

16 April 2012.
Malemnya gue keringet dingin. Gak sempet tidur, bahkan pup pun susah (kalo ini sih emang bawaan lahir kali ye) nggak seriussss nih! gue susah tidur loh! Kebangun terus tiap malem, Tengah malem, kira-kira empat jam sebelum hari-H ujian, gue masih stay up dan nonton serial Project X di HBO. Entah sengak atau gimana, gue ngerasa persiapan belom terlalu mateng + masih buta jenis2 soal dan malah nonton serial ini berjam2! Hidup serasa milik sendiri ya.

Ga sempet gue mikir dua kali buat matiin tv, ternyata udah jam 6 pagi! Gue kira2 berangkat kesekolah jam setengah 7 deh, sementara masuknya jam 8. Anjir gua masuk kepagian kali nih, pikir gue. tapi pas masuk gerbang, justru gue malah yang kesiangan! Berpuluh-puluh motor udah parkir diarea sekolah dan mungkin gue orang ke-99 yang dateng dari 100 siswa disekolah. Secuput sasmita gue langsung mikir wah pasti dibantu nih. Dan bener, koridor lantai satu dan dua didepan kelas SEPI BUKAN MAIN. Nahloh!
Jadi………..ini gue yang kesiangan atau emang gue yang dateng terlalu pagi? Pas masuk ruangan ujian, temen2 sekelas pada ngerubung kaya bikin satu kelompok gitu entah lagi ngapain. Pas gue deketin….ternyata mereka lagi…

lagi…

lagi NONTON

Nonton video blue sambil muka serius.

Video blue berbentuk kertas kecil yang isinya 5 x 8 huruf kapital berisi kode-kode kunci jawaban yang udah disusun rapi sesuai paket soal yang di-ujian-kan. Wah. Wah..dan muka mereka JAUH LEBIH SERIUS.

i didn’t see any good feelings coming up with at the moment, i was overstood, i was overjoyed, shocked, and felt guilty in someways. jadwal pertama ujian itu bahasa indonesia. Soal hari pertama gak terlalu ruming, gue masih bisa mikir dan pake nalar sendiri kalo milih2 soal permasalahan hidup di Indonesia itu. dan ada sedikit perasaan lega karena soal yang gue kira bakal satu lembar satu, justru malah jauh lebih pendek dan lebih mudah! Hari pertama gue optimis.

17 April 2012.
Bahasa Inggris dan Fisika.

Bahasa Inggris gausah ditanya. Gue yakin pasti diatas angin. FISIKANYA!
Yah meskipun udah belajar semaleman, tapi gue tetep masih ga yakin jalan pikiran gue buat fisika. alhasil, gue pun nyalin kunci jawaban seperti yang temen2 lain lakukan.
And this is how it went.
Bel pertama udah bunyi, tanda soal fisika harus udah dikerjain. Innocently gue buka soal, dan ketemu sama lembar pertama! GAH! Soal apaan nih….. Kok yang dipelajarin gak keluar semua. Malah soal yang gue abaikan sebelum2nya. Ini masalah. Masalah besar. Yaudah, robekan kertas dibalik papan jalan gue masih keliatan fresh sama bau tinta baru. Dengan kode yang sesuai, gue buka dan finally ngisi 70% jawaban itu dari kunci jawaban.

Begitupun seterusnya, sampe hari terakhir. 
Kebohongan ini terus berlanjut.
Kolom “Saya mengerjakan ujian dengan Jujur” sudah secara resmi terkhianati. Padahal kata “jujur”-nya disitu udah dipakein huruf kapital. Tapi apa mau dikata? (Lagian juga mau nulis “tidak jujur” kolomnya ga muat) *HALAH ALESAN AJA WAN*
Nilai-nilai maksimum yang akan tertera di ijazah hanyalah pencapaian palsu yang selama ini tidak terlihat. Dan telah menggeser norma-norma moral para murid.
So many people have been betrayed. Even God. And no one would be the blame. Just like I saw so. Things are fake. We’re surrounded in full of fakeness which is barely deniable.

Ke-flawless-an untuk membuka sobekan kertas kecil itu rasanya udah kaya makan direstoran aja gitu. Kaya sehari-hari. Tanpa dosa bgt. See now I regret. Kecuali biologi! GUE BIOLOGI 80% BISA NGERJAIN SENDIRI! What a triumph loh :’)

Hingga 19 April ini gue masih belom mau tau apa yang ada dipikiran temen2 gue pas lagi nyontek. Terutama temen2 yg udah gue anggep ‘bisa’ dalam mengikuti pelajaran, ternyata malah nyontek juga akhirnya. But this is how Indonesians make living. They cheat a lot. WE cheat a lot to be good. or at least, to be bothered to look good. Gue masih nyesel kalo dari segalanya yang udah dikorbanin, dan banyak yang ngerasa terkhianati, ternyata gue juga salah satu orang itu!

People like us’re gonna die someday, in such a way, if we’re going through like this. There would be no good Indonesians if they keep on cheating and plagiarizing what others have made and not being creative for our own good. 
Kalo ditanya lulus atau nggak, mungkin 92% siswa disebuah sekolah mungkin bakal positif lulus. cuman big questionnya: Sadarkah? Bahwa nilai-nilai itu bukan sepenuhnya milik kita? 

Leave a Reply

