Sobekan kertas kecil itu…

Been thinking about stuff today, or at least, less than 12 hours ago…..Gue masih up still mikirin kenapa yang namanya Farewell itu harus ada. HARUS. ADA. Kenapa?

Hari ini sekolah gue ngadain istighozah, semacam doa bersama gitu. Yang katanya biar diperlancar pas ngerjain Ujian Nasional (OH! ga kerasa aja udah H-3) gue ngerasa cepet bgt sekolah! Hellyeaaa kali ini entah kenapa periode sekolah menengah atas terasa lebih cepat dibanding pas gue smp dulu.

Mungkin dulu karna masih belom tau banyak tentang sekolah dan, so-called contekan. I’ve just realised that so many things got thru, masa-masa SMA akhir akhir ini lebih berasa dibanding masa-masa dulu.

Another ending, another farewell, another tear.

Tears were shed, hugs were tightened, kisses were sent, and greetings were unspeakably conveyed. Seusai istighozah, tibalah waktunya salam-salaman. Antar guru dan temen-temen. Duh! Ini nih…..yang rasa2nya susah bgt kalo dilewatin. But what to say? Gini ceritanya:

Jadi dulu, waktu gue kelas 3 smp. H-1 sebelum UN guru-guru di smp gue ngadain acara semacam doa bersama. Kita dikumpulin disatu tempat dan desek-desekan gakaruan. Entah apa yang bikin gue benci farewell. Tapi hari itu bener-bener hari dimana gue menemukan jati diri gue sebagai seorang anak smp.
Singkat cerita, istighozah selesai. Dan anak-anak mulai bangun berdiri buat nyerbu kantin atau keruang guru buat salam2an malah ada yang udah langsung pulang. Nah, pas bangun berdiri itu ada satu anak yang badannya bongsor bukan main (gue ga liat mukanya tapi yang jelas anak ini babon abissssssss), secara ga langsung karena dia juga buru2 bangun, bahu kita bersemedi. HRR. Apa yang dirasa bersemedi bahu kuda nil sama bahu cecurut gue dulu?! Rasanya sakit bgt. Sakit. Sumpah. Beneran ga boong.

Dengan polosnya, gue langsung lari ke wc terdekat sambil mata berkaca-kaca. TENANG! gue gak nangis (belom tepatnya) sesampe di wc. Rasa sakitnya masih terngiang-ngiang sampe krg lebih lima belas menit. Akhirnya pas gue yakin diluar wc udah gak ada orang (yang sekiranya bisa ngebebasin gue dari “bahu-bahu” yang lain ternyata salah!) ternyata diluar malah makin banyak orang dan gue langsung nerobos tanpa ampun. Karena saking ramenya itu hall sekolah, gue langsung ke arah gerbang dan manggil ojek terdekat buat bersemedi dirumah. See? Ya itu mungkin hal terbocah yang pernah gue lakuin. Kalo sekarang? mungkin malah nangisin anak orang kerjaannya…. teehee

YA memories! couldn’t get thru all that. I had a good past already. Tho some are not good to be memorized.

Farewell…farewell… School. Why’re you so far away. Jujur loh, senior year ini malah makin banyak pengalaman yang gak keduga kejadian. Temen-temen baru. Sudden downs. Raising scores. Tests. semua itu kayanya flawless dan today happened! Perpisahan. DUH! This is actually the best part of high school period, if ya know. Beside MOS (Masa orientasi siswa) at the first day of school, farewell turns out to be something that really needs to be recalled for the very next day. *netes*

tersiar kabar kalo bakal ada ‘bantuan’ yang bakal dikasih ditiap rayon sekolah daerah gue. At one gaze, gue ngerasa somehow apa yang udah gue strive for selama tiga tahun ini, dan capek ngejer nilai ijazah cuman ditentuin selama lima hari ujian. Itu juga belom semua materi yang udah dipelajarin hapal semua. rasanya gak fair. totally gak.

dan barulah gue tau kalo ternyata bocoran ujian nasional yang orang-orang bilang jauh hari dari kapan tau itu ternyata bener. THE FIRST BIG QUESTION that crosses my mind: Haruskah gue curang? Haruskah? Haruskah selama satu semester kelas tiga gue sampe ikut bimbel, rela waktu dan korban tenaga cuma buat dapet ilmu ternyata hasilnya cuma dari sobekan kertas kecil, yang isinya huruf kapital 4 x 10 berderet sesuai paket ujian. OH! GAK! GAK.  Rasanya munafik buat gue kalo nolak bocoran itu. Munafik bukan main. somehow (ini menurut pandangan gue loh) sepinter-pinternya gue kalo emang ada, at least, satu pelajaran yang emang bener2 lo mentok, buat apa juga dipaksa? Budaya ujian setiap tahun dapet bantuan kaya gini emang udah gak terhindar deh.

Disatu sisi, gue lega. Disisi lain, gue juga sedih. Masa sih rela bohongin kemampuan diri sendiri dan sekode-kodenya bergantung penuh sama contekan. Aduh. Entah, mungkin temen-temen lain diluar sana yang emang udah naro harepan sama bocoran, no worries deh, gausah khawatir. bahkan gue yakin mereka yang udah dicuci otaknya bakal dapet bocoran (PLUS jawabannya bener sesuai paket yang di-ujian-kan) gak perlu repot2 belajar. Gak usah stay up susah2 bangun tengah malem cuma buat ngejer materi. Tinggal lean on sama sobekan kertas itu. Aduhhhhhhhhh makin sedih gue.

Gini deh. galau tingkat kronis. harus gak yaaa curang demi dapet nilai bagus buat ijazah sma? tapi disisi lain juga gak pede sama kemampuan diri sendiri + bakalan dibilang sok pinter kalo gak nyalin bocoran itu. AH! INI YANG LAGI KEJADIAN SAMA GUE. Galau akut.

But I do wish and hope everything the best. Because God knows best. I may not be confident for my own skill, but who cares? I suck at chemistry. Banget-bangetan. tapi intinya, if you cheat, you’ll only get fake genuine good scores, you shouldn’t be fully satisfied with what you’ve struggled. Karena itu bukan hasil sendiri. Ya ga tau deh kalo sama temen2 yang bener2 mateng persiapannya, udah well-prepared dan gak perlu banyak khawatir tentang nilai.

Tapi kalo gueeeeee, gue bakal kerjain sendiri dulu apa yang gue bisa dan apa yg udah gue coba untuk kerjain. kalo emang udah mentok yaaa mau gamau pasti contekan itu bakalan kepake. tapi poinnya yaa if you can do your best, do it instead! You know yourself better than everyone else does.

Leave a Reply

