Malaysia di Mata Awak

Beberapa hari yang lalu gue akhirnya kembali ke kampung halaman, setelah tahun lalu yang rasanya kayak 3 hari yang lalu, gue kembali lagi ke Pontianak. Hehehe.
Somehow, rasanya mudik kali ini terasa jauh beda sama apa yang gue rasain waktu kecil dulu.
Kalo misalnya pas lima atau enam tahun dulu, sensasi lebaran pulang kekampung halaman rasanya jadi sesuatu yang bener-bener sakral. Rasanya kalo ngga pulang kampung tiap tahun, kayanya ada yang kurang gitu.
Dulu mungkin lebih ke “Oh disini (di Tangerang) gue juga mau ngapain, sepi, hening, komplek adalah Taman Makam Pahlawan baru.” dan dapet uang THR-nya (yang ujung-ujungnya juga bakal dihambur-hamburin buat beli pulsa atau ngumpulin beli hape baru)

Tapi sekarang beda banget ya..
16 tahun, ketemu orang-orang yang sama, yang well lebih grown-up dan lebih bisa ‘mikir’.
Gue lebih banyak ketemu, let’s say, “anak-anak ayam” dan KAMI sekeluarga yang baru dateng dari Jakarta adalah induk ayamnya. #NGERIGALO.
Anak-anak ayam ini ternyata, yang dulu pas gue lima tahun, adalah bayi-bayi kecil yang sok innocent. Gue baru sadar pas kemarin dateng, mereka adalah the baddest evil ever alive! Hehehehe instead of saying this, I do love babies. Gue ga terlalu suka anak-anak balita, yang masih labil abissss ngikutin gue kemanapun pergi.

Dan dua atau tiga tahun lagi.
GUE BAKAL KETEMU TERUS SAMA MEREKA!!
HELL TO THE NOOOO!!!😦

Yah…..inilah hidup jak! Keras lembut, gelap terangnya siapa yang tau.

So, here it is. I actually stopped by in Kuching, Malaysia on the, like, third or fourth day of Eid. Gue sempet mampir kesana.
Setelah berdiskusi, berunding, dan bercinta (?) kami sekeluarga pergilah ke Malaysia.
Dengan bas (sebutan bus buat di Malay) selama sembilan jam perjalanan, finally we arrived!
Agak ribet yah nyebrang keluar negeri (well, dengan kendaraan darat) harus berhenti di perbatasan negara tersebut, belom nunggu gerbang perbatasannya buka, belom ngantri pengecapan paspor bla bla bla.

Diperjalanan, gue ngeliat banyak hal-hal lucu. Nama-nama tempat umum yang gak biasa lo liat disekitar lo, semuanya ada disini.

RUMAH SAKIT BERSALIN = RUMAH SAKIT KORBAN LELAKI

SALON = KEDAI SOLEK

POM BENSIN = KEDAI MINYAK

ISI ANGIN BAN = PACI TAYAR KAMPAS

Suatu hari, gue makan direstoran gak jauh dari rumah Bude Sri. Jadi ada dua meja. Gue, maya, adit, dan Pade Mumun dimeja satu, dan yang lain dimeja dua. Kita blind abisss karena emang gatau apa-apa masalahnya menu. Gue sebenernya mau foto, cuman ada tanda dilarang foto. So..
Akhirnya dengan sok iye dan ngerti, gue ngelambai tangan ke mas-mas bersoket dan kemaluan ini pun berlanjut.

Gue : Mas pesen “tayar paci” empat! (Gue kira tayar paci itu kaya semacam sup yang ditaro dipanci)
Mas-mas : *nyatet* *ngangguk*

5 menit kemudian..

10 menit kemudian..

GUE HAMPIR KETAWA NGELIAT MAS-MASNYA BAWA-BAWA BAN KEMPES! Tapi itu beneran loh mas-mas yang tadi.
Ketawa gue terhenti sejenak pas tau ban-ban kempes itu ditaro DI ATAS MEJA GUE! WHATEFAKKKKK.
Gue : MASSS???!
Mas-mas : (dengan logat malaysia) APEE?
Gue : KOK? *muka tolol*
Mas-mas : Kau pesan tayar paci bukan, ke? Inilah die. Dua ban kempes.
Gue : *HENING*

***

Di perjalanan pulang, Bude Sri yang selalu ngelawak dimobil, untungnya gak ngetawain masalah tadi. Gue selamat. Setelah akhirnya gue pesen ulang, dan biar bude sri yang berbicara. Salah-salah ntar gue dibawain pentil bannya lagi. -_-”
Setelah istirahat, makan dan sholat. Sorenya kita cao ke Waterfront City yang letaknya diantah berantah sudut kota Malaysia. Satu kata yang cuma bisa ngegambarin kota Kuching waktu itu = RAPI. And you’ll barely hear a hooter (klakson). Kotanya, in some way, disiplin. Lampu merah, berhenti. Jangan lampu merah lampu kuning, dihantem aja berasa lampu ijo.

Indonesia motornya bebek semua tapi jiwanya Rossi. Gimana gak sering kecelakaan ya? Hmmm.
Kalo disana, mukanya Rossi tapi jiwanya bebek (membudayakan disiplin maksudnya) HAHAHAHA.
At all, perjalanan gue ke Malaysia bener-bener life-changing experience. Gimana gue belajar disiplin, ngantri, belajar kepribadian orang Malaysia, ketatnya peraturan, banyak deh.

I’m gonna post some photos here, tapii di next post aja ya.
Eh btw, HAPPY LEBARAN LOH!
HAPPY EID MUBARAK 1432 H temen temeen!!!🙂

Leave a Reply

