Hidup Dimata Kita.

Kata orang diatas bumi, kita semua sama.
Kata orang dimata Tuhan, tidak ada miskin dan kaya.
Katanyaaa…katanyaaa.

Hidup ini serba diimbangi dengan ketidak adilan, rasa apatis, dan gak kepedulian satu sama lain. Ada yang serba dicukupi, ada yang serba membutuhkan. Ada yang serba punya, ada yang nggak. Ada yang ngomongnya A, dengernya B. Cuman apa mau dikata?

Tempo dulu. Pagi banget, masih ngumpulin nyawa. Gue biasanya langsung end-up didepan meja belajar buat sekedar cek youtube atau email (Kalo dibilang gue menyalahgunakan meja belajar, bisa dibilang gitu). Sembari buatin susu panas buat gue, Si Mbok masih sibuk bikin suara klontang klanting didapur. Kalo susunya udah jadi, biasanya doi langsung bawa susunya kekamar gue, right away.

Karena beliau orang Betawi, yang lo tau sendiri logatnyaaa kalo ngomong asal jiplak, asal tampol. Cuman itu poin plusnya, tiap hari gue masih nyempet2in ketawa cuma buat denger latahannya doi.. Priceless.
Kurang lebih jam setengah enam, masih asik browsing. Doi ngetok pintu minta ijin buat bersihin kamar, gue ijinin dan dia masuk.
ASAP dia beres2, sekedar sapu2 abis itu ngepel selesai. And that’s not the biggest news, lo mau tau? Tiba tiba doi duduk dikasur, tumben2an nanya “Lagi buka apa Mas?”
“Nggaak. Ngebrowse aja iseng”. Jawab gue sambil nenggak susu.
“Eh, sekolah kamu daftar ulang bayar gak?”
“Iya. Bayar”

Gue skip.
In the moment, dia cerita tentang gimana gak mampunya dia, earn duit buat keluarganya, buat makan. Saking susahnya, kadang gue msh suka ngedapetin doi nangis entah berantah diruang setrika. Doi juga sering kaget tau uang bayaran sekolah gue kadang tiga kali lipat (even moree!) dari uang bayaran sekolah anaknya, gmn senengnya dia kalo gue kasih nasi setiap mau pulang, dia jg masih punya bayi. Kadang lagi disela-sela nyapu, doi sering minta kue dimeja makan. That was too unusual. Dan masih ada rasa takut buat ngambil kue sendiri, apa2 mau minum minta ijin dulu. Tiap bulan, saking butuhnya sebagai punggung keluarga jg dia sering skip uang gaji bulan depan cuma buat bayar sekolah anaknya/sekedar makan.

kalo dibandingin sama hidup org2 yg udah diatas segalanya, above all cuma ada duit dan tinggal gesek, semua serba gampang. Semua itu kaya..unbelievably gak real. Gue malah kadang suka ngerasa kasian sama golongan org2 yang gak mampu, sedangkan gue? Nasi aja kadang msh suka nyisa di tempat sampah, duit msh suka difoya-foyain, sekolah masih jaman2nnya sotoy yang gue tau semua itu KEBUTUHAN buat org2 (maaf) bawah. Indonesia, well, DUNIA INI butuh perubahan! Mungkin emang orang2 Indo gak ada apa2 deh kasusnya kalo dibanding sama yg di ethiopia atau maroko segala macem. But hereby, AYO BELAJAR KAWAN2! Jadi orang sukses! Biar gak gantung sama ortu mulu, biar bisa amal, bisa nge-donate. Gak harus uang, senyum tulus juga bisa diterima.

2 thoughts on “Hidup Dimata Kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s