Debat Bahasa Inggris se-YADIKA

Hari ini hari Minggu.
The last days ever in my weeks.
So, i decided to write this blog recently as it does to me.

Gue ikut debat lagi guys!🙂
Good news! Seneng banget. Gue udah lama banget gak ikut debat bahasa inggris.
Dan akhirnya penantian gue terjawab sudah. Capek capek gue udah nyari nyari bahan buat debat dan latihan sampe ninggalin banyak banget mata pelajaran. Tapi gapapa, demi sekolah kebanggaan!
Tadinya, gue denger denger dari Pak Sirait (yang katanya dapet info langsung dari tempat pelaksanaannya) jalur mainnya bukan debat, tapi diskusi.

Oke, we’ll see.
Gue cerita dari awal aja mungkin ya? Hari Rabu, tanggal 17 Februari 2010 gue langsung ke sekolah jam 6 pagi.
Dan sesampenya disana, gue ngeliat Adam dan Bernadus lagi nunggu di depan gerbang. Karena gue males, yaudah gue masuk aja duluan ke dalem sekolah.
Sampe gue bilang, ini guru pada ngaret mungkin ye. Janjinya jam 6, ngaret 10 menit haha it’s okelah.
Gue prepare banget hari itu, bawa materi yang setebel novel Harry Potter *lebay mode:on* sampe sampe gue bawa kamera digital, lumayan buat foto foto dan mengabadikan momen penting itu.
And any else? I brought my laptop that day. Dan apa? Laptopnya itu gak dipake! Shit banget kan?

Ge udah bertekuk lutut sama bokap buat bawa laptop alesannya mau diskusi, tapi pas balik. Masih bersih suci haha gak gue pegang sama sekali.
Semua udah dateng.
Sensei, Mrs. Ita, Moulidta, Kak Indah, Kak Dandy, Kak Jordan, Adam, Bernadus, Heksa, Ruth, Riyanti, Ilal, Danang, Harits, Jaya, Nur Badriyah, dan Sandy. Tadinya tim bahasa inggris yang ikut dalem satu bus itu ada sekitar 10 orang. Tapi karena mereka “gak dianggep” jadi kita ngomongnya 3 orang aja (gue, Moulidta, dan Kak Indah) kasian banget ya mereka? Nyape nyapein doang.

Gue masih inget banget terakhir kali gue ke Bogor dan itu pas SMP.
Dan gue gak inget BANGET kalo Bogor itu ternyata jauh ya haha.
Gue sampe ketiduran didalem bus.

Alhamdulillah, perjalanan panjang udah kita lewatin.
Dan sampailah kita di SMA Yadika 7 Bogor.
Ternyata, sekolahnya lebih besar dari sekolah gue. Tapi bagusan sekolah gue, karena gedungnya masih bagus, gak karatan kaya itu. Peace i’m just trying to tell the truth, dude!
Gue masuk, dan misah sama anak anak Elektro yang pameran.
Kita sampe dari sekolah ke Bogor sekitar 1jam lah.
Gue dan rombongan (ngomongnya diskusi dulu ya, karena sebelumnya gue belum tau kalo ternyata acaranya adalah debat!) diskusi bahasa inggris masuk ke Lab Kimia. Untungnya ruangannya ada di lantai dasar.
Gue ngeliat udah banyak banget anak anak yang lagi ngumpul di belakang.
Dan gue bisa ngeliat spanduk besar tulisannya “Debat Bahasa Inggris SMA/SMK se-YADIKA

WHAT THE HELL?
I will kick your ass, pak Rait!
Yaudah mau gak mau untungnya kita udah prepare banget tentang debat.
Tapi ada satu topik yang kita belom siap banget..
It’s KPK & POLICE PREFER TO CONFLICT OF INTEREST.. Nah lo gue kan bukan orang politik.
Mana bisa gue jabarin lengkap lengkap tentang itu.
Yaudah, akhirnya Yadika 3 giliran buat ngambil nomer maju, dan gue serahin sama Moulidta.
Dan kita dapet nomer urut pertama! Aaaah ya allah itu parah banget dah. Gue baru masuk, udah di uji aja langsung.

Yaudah, Yadika 3 VS Yadika 6.
We’re going to discuss about Dead Punishment for Drug Users it’s Prefer or Not?
Gak terlalu sulit, semoga gue bisa.
Gue sempet bingung pertama karena jalur mainnya bukan debat.
Selesai gue menjabarkan sedikit tentang topik, Moderator nya tuh nanya nanya gitu. Jadi gue kaya diuji.
Dan pas gue selesai tampil, ada satu orang dari Yadika 2 yang minta waktunya sebentar..
Dia protes kalo jalur main debatnya bukan yang diharapkan.
Dia bilang “This is not debate, this is not discuss. This is an Examination!
Gue langsung senyum senyum sendiri pas dia bilang gitu.

Lagian gue juga sempet bingung sih sama kelompok gue sendiri, argumennya kan harus satu ya. Kalo iya, ya iya. Kalo nggak, ya nggak. Nah kelompok gue geblek. Ini nggak, itu iya, gue nggak. Haha ribet! Sampe akhirnya banyak yang bingung cekakaka.
Akhirnya para juri rapat secara resmi dan gue langsung di briefing sama Mrs. Ita bentar. Ka indah sempet mo nangis karena kita kenapa kedapetan topik yang susah. Haha gue bisa ngeliat banget muka Ka indah gimana pas ngomong “aaah susah banget sih nih!” Matanya berkaca kaca saaagh.

Akhirnya dimulai lagi. Yadika 3 minta istirahat dan akhirnya sekolah kita diundur jadi yang paling terakhir.
Gapapa, gue masih bisa ngeliat another competitors kalo kalo dapet topik KPK.
Berjam jam gue nunggu.
Didalem ruangan yang sumpek itu.
Dan tiba tiba Yadika 13 kalo gak salah lagi tampil, MATI LAMPU!
Parah. Anak anak pada teriak, so do Ka Indah.
Haha dia yang paling parah –> :p
Dan akhirnya diputusin pake lilin.
Tapi akhirnya diputusin lagi buat pindah ruangan ke ruangan sebelah (ruangan yang dipake buat Olimpiade matematika) lebih terang!

Gue masih inget banget ada cewek (dia jadi second speaker) yang ngomong *sorry to say* “Un-fucking-believable” ke salah satu lawan. Gak boleh banget kan?
Sumpah pas dia ngomong, gue langsung mikir yang jelek jelek tentang dia haha.
Oke, langsung akhirnya giliran Yadika 3!!
Sisa topik yang terakhir adalah KPK sama Drug Users tadi.
Akhirnya kedua kubu (ciaaaaaah) menyetujui buat discuss tentang topik yang tadi aja.
Debat berjalan lancar, semuanya terlihat semangat, kecuali gue.
Gue udah rada males. Karena pas gue tampil, kira kira udah jam 4. Semua orang udah capek, apalagi gue.
Jadi gue pasang muka ngantuk aja haha.
Alhamdulillah selesai, dan terselesaikan. Debat hari ini, dan tahun ini secara resmi ditutup!
I can heard everyone was applausing when some men saying that. Ugh.
Dan kita semua tinggal nunggu. Nunggu siapa terbaik pertama.

Banyak dari competitors yang udah tampil, mereka langsung balik. Gak nunggu pengumuman akhir dulu.
Jadi, waktu the last time mau pengumuman, di ruangan itu cuma ada Yadika 3 mungkin sama dua sekolah lagi.
gue gak tau sekolah mana.

Dan akhirnya..

Terbaik 1 –> Yadika 4
Terbaik 2 –> Yadika 8
Terbaik 3 –> Yadika 5


Terbaik 18 (terakhir) –> Yadika 13

Yadika 3 gak disebutin, tapi kata gue sih masuk 10 besar.
We did great i think🙂

Here some pictures what i’ve taken there. Take a look for this amazing..


Leave a Reply

