Bimbel, Pentingkah?

Saya yakin 45% generasi muda Indonesia mengikuti Bimbingan Belajar atau yang sering disebut dengan Les. Ya, les merupakan salah satu sarana bagi kita, generasi muda dan remaja Indonesia yang kesulitan dalam mengerjakan soal dan saling memiliki ketergantungan terhadap teman yang lebih pintar. Oleh karena itu, ada kesadaran pada orangtua masing masing untuk menyuruh anaknya untuk mengikuti les atau bahkan bagi kita yang memiliki insiatif sendiri, kita akan mengajukan sendiri untuk mengikuti Bimbel.

Good Study

Mereka cenderung lebih percaya diri jika mengikuti Bimbingan belajar seperti itu, entah karena mungkin mereka kurang memahami pelajaran yang diberikan guru di sekolah formal atau entahlah apa alasan mereka itu. Mari kita lihat dari sisi positif, apakah Bimbingan Belajar bisa meningkatkan kemampuan anak agar lebih baik? Orangtua pun pasti akan bangga jika mereka mendapatkan nilai bagus karena mengikuti bimbingan belajar. Tapi bagaimana jika tidak? Nilai mereka tetap. Meskipun mereka sudah les berbulan-bulan dan membayar uang les pertahun yang semakin melambung misalnya. Tentu ini akan menyebabkan beban bagi orangtua.

Banyak anak yang memang sudah mau mengikuti les sejak mereka usia dini, agar otak mereka terasah dan terampil. Misalnya, A jago dalam bidang fisika, dan lemah dalam bidang Bahasa Inggris. Tentu saja, A pasti akan mencari cara agar dia bisa jago bahasa inggris dan menjadi kebanggaan di kelas. Ya, Bimbingan Belajar bisa menjadi salah satu cara. Namun, kita tidak bisa menyalahkan siapa-siapa jika meskipun kita sudah les namun hasilnya tetap saja. Itu tidak akan merubah segalanya.

Yang terpenting adalah, tergantung orang yang mengikutinya. Apakah dia juga berniat untuk menjadi bintang kelas sehingga mengikuti Bimbel dan semacamnya, atau hanya ingin ikut-ikut dan menghabiskan uang orangtua mereka? Semua ada ditangan kita. Kita yang mau, kita yang menjalani. Dimana ada kemauan, pasti ada jalan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s