Swasta VS Negeri

Judul diatas keliatan nya gue ngayal ya?
Gak mungkin banget sekolah swasta yang bisa dibilang “Abal” (kalo misalnya dipandang dari satu sudut) dengan lawannya sekolah negeri tangerang yang masuk dalam kategori sekolah favorit.

Ya, ini tentang gue dan kakak gue.
Gue di yadika dan dia di SMA favorit itu.
Gue mungkin akan sedikit berkhayal dari post ini, karena emang dimana mana itu lawannya Yadika ya Yadika juga. Gak pernah ada sejarahnya kalo Yadika lawan SMA Negeri, karena mungkin disebabkan beberapa faktor yang mendukung adanya pernyataan ini :
1. Prestasi SMAN 3 lebih unggul, artinya daya fikir orang SMA itu lebih bagus
2. Kelakuannya lebih waras, artinya masih dalam batas jangkauan manusia.
3. Peraturannya, swasta biasanya ‘masa bodoh’ dengan kelakuan anak-anaknya (Contoh : Guru BP gue pernah bilang pas pertama kali masuk ke Yadika, ada satu peraturan yang gak boleh dilanggar di sekolah gue, yaitu gak boleh mengikuti pelajaran olahraga kecuali pake pakaian olahraga. Nyatanya? Banyak banget kok pas lagi pelajaran atau waktu luang kayak class meeting mereka pake celana putih atau baju putih? Aneh.)
4. Tingkat kesadaran, anak SMA cenderung lebih sadar dan lebih paten dalam pengerjaan tugas maupun hal berbicara. Mereka lebih responsif kepada tugas yang diberikan oleh para guru. Dan lebih tepat waktu.
Apa yang bisa dibanggakan anak swasta? Hanya  bermalas malasan dan berpangku tangan menatap ke layar tv dengan sumringah dan sangat membuang buang waktu, mereka lebih cenderung mengabaikan tugas mereka. Hingga suatu saat di hari H tugas dikumpulkan, mereka bergegas datang pagi pagi dengan wajah panik untuk mengerjakannya di sekolah. Bahkan menyalin PR teman yang sudah mengerjakannya.

Lalu apa yang anda pilih?
Swasta?
Negeri?
Atau tidak sama sekali?

Leave a Reply

