Teman Pengangguran

Gue sempet lupa cerita. Gue pernah punya satu teman SMP, namanya Wastra. Dia dulu duduk sebangku sama gue pas kelas 8. Anaknya pendiem banget, dan emang gak pilih pilih temen kalo dalam bergaul. Itu dulu.

Pas gue masih duduk di kelas 8 dan itu 2 tahun yang lalu. Wajar untuk dilupakan. Tapi bagi gue itu salah besar kalo emang dilupain. Karenanya, pas hari Rabu, tepatnya pas gue lagi mau latihan Simulasi Percakapan Bahasa Inggris yang pertama di sekolah. Ya, pokoknya disitu.

Kabarnya pas gue sampe di sekolah, classmate gue yang juga nanti tampil belum dateng, jadi gue bilang ke Miss Ites kalo gue mau pergi keluar dulu cari makanan atau beli pulsa dan semacamnya. Gue keluar, entah kemana tanpa tujuan. Bau apek dimana mana yang  jadi ciri khasnya kota Tangerang gak akan pernah jernih karena emang pengemudinya yang cacat ‘nyebarin’ asap motor dimana mana.

Gue pertama ke POM Bensin. Tapi gue nggak tau mau ngapain disitu. Jadi gue iseng a ja buka handphone sambil SMS orang orang yang mau gue traktir nanti. (Karena kebetulan hari itu adalah hari ulangtahun gue gak mungkin dong gue nyianyia-in hari itu begitu aja?) Gue masuk ke dalem komplek sekolah yang emang menurut gue panjang dan jalannya lebar lebar. Jadi motor dan mobil bisa leluasa melewati jalan itu.

Gue akhirnya menemukan Gerobak Bubur yang kebetulan banget lagi berhenti di pinggir jalan didalem komplek. Gue beli, kenyang. Selesai gue minum teh tawarnya, ada anak yang tadinya gue kirabocah dengan menggunakan celana SMP dan atasan oblong ancur. Dan pas gue liat dari atas ke bawah ternyata mukanya gak asing. Ya, itu temen gw dulu, Wastra.

Gue sempet nanyain kabar dia. Masih inget banget gue bentuk mukanya dia, senyumnya sama diemnya masih keliatan banget. Dan yang lebih parahnya lagi. Gue gak nyangka kalo dia keluar dari sebuah Warteg.

Gue : “Lo sekolah dimana?” Dengan nada was was yang hati hati, berharap semoga gue gak nyakitin hatinya dia disetiap kata katanya.

Dia : “Gue gak sekolah wan, gue sekarang bantu ibu. Gue ga ada biaya. Abang gue kecelakaan. Gue ngumpulin duit dari jualan warteg sama bantu bantu bengkel.”
Kalimatnya gak neko neko. Padat, jelas, dan emang dia orangnya kaya gitu. Polos dan gak bermakna (Maksudnya gak bermakna disini itu dia bukan apa apa di mata tuhan sama kaya kita)
Gue mulai putar balik pikiran gue saat itu.

Dan mulai gak terasa, abang buburnya ngasih piring nya dengan semangkuk bubur penuh didalamnya. Dan akhirnya dia balik ke rumah tuanya, yang emang gue hargain banget. Gue gak nyangka banget dia tinggal disitu.
Turut prihatin banget gue. Terakhir dia ngangguk kepala ngasih tanda pergi buat sementara.

And that would change with anything even with seasons.

One thought on “Teman Pengangguran

  1. Salam kenal, blogger!😀

    Nasib hidup orang memang ga ada yg tau kecuali Tuhan. Semoga Tuhan memberkati dia dan keluarganya.🙂

Leave a Reply

